Senin, April 15, 2024

Lima Makanan Viral yang di Recook Sepanjang Tahun 2023, Pernah Coba?

Indonesiadaily.net – Sepanjang tahun 2023, banyak resep makanan viral di media sosial.  Karena booming, banyak masyarakat yang tertarik memasak ulang (recook) resep makanan tersebut. Berikut ini lima makanan yang paling sering berseliweran dan viral karena selalu di-recook. Makanan apa saja itu?

1. Sambal Ganja

Meskipun namanya terdengar berbahaya, sambal ini pastinya tidak menggunakan ganja. Karena bahan dari sambal yang satu ini adalah udang, 4 lembar daun jeruk, lada dan garam secukupnya, 5 belimbing wuluh, 2 batang serai, 6 bawang merah, dan 8 rawit merah.
Cara membuatnya adalah Anda hanya perlu mengulek bawang merah, cabai, belimbing wuluh. Tambahkan irisan daun jeruk dan serai, tiriskan. Lalu, balur udang yang telah dikupas kulitnya dengan garam dan lada, panggang hingga matang. Campur udang panggang dengan sambalnya dan sajikan. Sambal yang satu ini cocok untuk disantap bersama nasi putih hangat.

Baca Juga  5 Rumah Padang Enak di Jakarta Versi Para Youtuber

2. Seblak Coet

Makanan tradisional yang satu ini bisa dikatakan sebagai ‘primadona’ kuliner di Indonesia pada tahun ini. Bermula dari viralnya postingan Rafael SMASH yang membuat dan menikmati seblak coet, makanan khas Sunda ini sukses di-recook dan menjadi ladang usaha banyak masyarakat.

Cara memasak makanan yang terdiri dari kerupuk rebus dan sambal rawit hijau ini cukup mudah. Anda hanya perlu mengiris tipis kencur, bawang putih, daun bawang, cabai rawit merah, rawit hijau. Tambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Lalu siram dengan minyak panas. Campur sambal dengan kerupuk yang telah direbus.

3. Tiffany’s Plate

Menu yang satu ini sempat viral di TikTok dan di-recook oleh banyak netizen. Bahan yang diperlukan untuk membuat menu diet ini adalah asparagus, brokoli, buah naga, wortel, sosis, dan lobak. Susnya adalah mustard yang dicampur dengan keju cottage. Untuk menikmatinya, Anda tinggal mencocol bahan utama ke campuran mustard dan keju.

Baca Juga  Sejarah Berdirinya McDonald's Sampai Tersebar di 119 Negara

4. Sambal Terong Rebus

Menjelang akhir tahun 2023, viral juga sambal terong rebus yang bisa dijadikan lauk pendamping nasi putih. Bahan-bahannya adalah terong lalap (terong bulat berwarna hijau), beberapa jumput ikan teri, 1 bawang putih, rawit secukupnya, 5 bawang merah, tomat kecil, terasi, garam, dan penyedap rasa secukupnya.

Cara membuatnya sungguh mudah. Tinggal merebus semua bahan hingga matang. Setelah itu, ulek hingga halus dan berikan bumbu secukupnya. Sambal terong sudah siap dinikmati bersama keluarga tercinta.

5. Es Kul Kul

Es kul kul adalah potongan buah yang dibekukan di freezer lalu dibalut dengan cokelat. Cara membuatnya adalah susun buah kesukaan (bisa strawberry, pisang, melon, dan sebagainya) ditusukan sate. Bekukan selama enam jam di freezer.
Sembari menunggu buah membeku, potong dark cooking chocolate, lalu ditim hingga meleleh sempurna. Tuang ke gelas atau wadah yang tinggi.

Baca Juga  Roti Tertua di Dunia Ditemukan Arkeolog di Turki, Ini Wujudnya

Celupkan buah yang sudah beku ke dalam larutan cokelat, taburi dengan topping seperti sprinkle atau kacang. Biarkan hingga cokelat membeku. (*)

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles