Senin, April 15, 2024

Lima Jenis Teh Herbal Ini Mampu Kelola Stres, Yuk Catat!

 

Indonesiadaily.net – Saat stres, secangkir teh hangat bisa membantu menenangkan pikiran. Setiap jenis teh memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda, dan beberapa dinilai lebih cocok dalam mengatasi stres dan mengelola kecemasan. Inilah teh herbal
yang menenangkan dan bisa membantu kelola stres.

1. Teh hijau

Dikenal sebagai sumber antioksidan yang kuat, teh hijau dapat membantu mengatasi stres. Ahli diet terdaftar Marie Spano, RD, CSSD, menyarankan teh hijau bebas kafein yang kaya akan theanine, asam amino yang dikenal memiliki efek menenangkan.

“Teh hijau bebas kafein secara alami mengandung theanine, asam amino yang membantu kelola stres,” kata Spano.

“Studi yang meneliti theanine menggunakan dosis yang jauh lebih tinggi (200 hingga 250 miligram) daripada yang ditemukan dalam satu cangkir teh hijau, namun studi menunjukkan teh hijau bisa secara efektif menurunkan stres,” ucapnya.

Efek anti-stres dari theanine sudah dibuktikan oleh studi ilmiah, tetapi efek ini terhalang oleh kafein. Studi kecil dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin menemukan, teh hijau rendah kafein dapat menekan respons stres. Teh hijau juga dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan.

Baca Juga  Sejumlah Makanan Ini Bisa Perpanjang Umur, Ada yang Disebutkan dalam Al Qur'an

2. Teh hitam

Ada banyak manfaat dari minum teh hitam, dan mengurangi tingkat stres adalah salah satunya. Teh hitam secara alami mengandung theanine dan kafein. Kombinasi senyawa ini terbukti menghasilkan kewaspadaan namun dalam keadaan santai, tergantung dosisnya.

Studi menunjukkan minum teh hitam secara teratur bisa membantu mengurangi stres. Dari studi yang dimuat dalam jurnal Psychopharmacology, ditemukan minum teh hitam setiap hari membantu meningkatkan relaksasi dan menurunkan kadar kortisol. Menurut para peneliti, menyesap teh hitam juga dapat membantu proses pemulihan stres.

3. Teh akar ashwagandha

Ashwagandha adalah jenis ramuan yang sudah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Ayurveda tradisional. Meski sering digunakan untuk meningkatkan energi, salah satu manfaat ashwagandha adalah menghilangkan stres.

Baca Juga  Hindari Minum Teh Sebelum Tidur, Ini Alasannya

“Teh akar ashwagandha adalah pilihan yang bagus untuk mendukung pengurangan stres,” papar ahli diet dan ahli herbal klinis Jenna Volpe, RDN, LD.

Ashwagandha merupakan salah satu dari banyak jenis adaptogen, herbal yang terbukti mengurangi respons stres pada manusia. Sebuah studi pada 2019 di jurnal Cureus menemukan, akar ashwagandha membantu menghilangkan stres, kecemasan, dan masalah tidur. Itu artinya, teh akar ashwagandha dapat memberikan kualitas tidur lebih baik dan penurunan tingkat stres.

Mengonsumsi akar ashwagandha setiap hari juga terbukti mengurangi hormon stres kortisol hampir 25 persen, menurut sebuah studi September 2019 di jurnal Medicine.

4. Teh lemon balm

Teh lemon balm disebut-sebut sebagai salah satu obat alami terbaik untuk kecemasan. Lemon balm adalah pilihan teh yang bagus untuk membantu kelola stres. Teh ini sering digunakan untuk mendukung orang dengan stres dan kecemasan, dan bahkan aman bagi anak-anak.

Baca Juga  Benarkah Kolang Kaling Bisa Atasi Nyeri Lutut? Ini Penjelasannya

Temuan studi dalam jurnal Phytotherapy Research di bulan Desember 2021 mengungkap, lemon balm dikaitkan dengan tingkat kecemasan dan gejala depresi yang lebih rendah, disertai sedikit efek samping atau tanpa efek samping.

Studi terdahulu membuktikan khasiat lemon balm dalam mengurangi gejala kecemasan seperti gugup, seperti dilaporkan Mayo Clinic. Meski demikian, teh lemon balm bisa memicu mual dan sakit perut.

5. Teh Chamomile

Teh chamomile dikenal berkat khasiatnya dalam mengurangi stres dan sakit kepala yang terasa tegang, serta membuat otot rileks dan memudahkan tidur. Chamomile adalah ramuan menenangkan terkenal dengan sifat aromatik yang membuatnya ideal untuk diminum setiap saat.

Seperti dilaporkan Cleveland Clinic, teh chamomile bertindak sebagai obat penenang ringan yang cocok diminum untuk menenangkan diri sebelum tidur. Teh ini bisa membantu mengurangi kecemasan, mendorong ketenangan dan meningkatkan rasa kantuk.(*)


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles