Senin, April 15, 2024

Lebih Sehat Mana, Susu Kedelai atau Susu Sapi? Cek Faktanya

Indonesiadaily.net – Susu kedelai jadi salah satu alternatif susu sapi. Tapi, sebenarnya lebih sehat mana, susu kedelai atau susu sapi?

Susu merupakan salah satu minuman sehat yang sangat umum dikonsumsi banyak orang. Susu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Susu sapi tetap menjadi yang paling umum. Namun di luar itu, ada banyak alternatif susu sapi yang kini jadi pilihan banyak masyarakat.

Susu sapi yang berasal dari sumber hewani dinilai lebih tinggi lemak dan bisa meningkatkan berat badan. Sebagai alternatif, masyarakat pun memilih susu yang berasal dari sumber nabati. Susu kedelai adalah salah satu susu alternatif yang cukup populer.

Beda susu kedelai dan susu sapi
Susu kedelai dan susu sapi memiliki profil nutrisinya masing-masing. Kedelai sendiri dikenal sebagai protein nabati rendah lemak. Sementara sapi dikenal sebagai sumber protein hewani yang tinggi lemak.

Baca Juga  Covid-19 Naik Usai Lebaran, Kemenkes Ingatkan Kembali Jaga Prokes

Tapi, tak cuma kandungan lemak yang jadi penentu. Anda juga perlu memahami beda nutrisi susu kedelai dan susu sapi.

Meski mengandung banyak lemak, namun susu sapi pada dasarnya memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan susu lainnya. Sebut saja kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, serta berbagai vitamin seperti vitamin B12 dan D.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba susu skim. Nama terakhir merupakan susu sapi rendah atau tanpa lemak.

Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai dan air yang disaring. Seperti susu alternatif lainnnya, susu kedelai mungkin mengandung pengental untuk meningkatkan konsistensi dan umur simpan.

Karena berasal dari sumber nabati, susu kedelai secara alami bebas dari lemak jenuh yang biasa ditemukan pada susu sapi.

Selain itu, susu kedelai juga tak mengandung laktosa. Hal ini jelas aman untuk orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa.

Baca Juga  Deretan Makanan Ini Viral Sepanjang tahun 2023, Pernah Coba?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology bahkan menemukan bahwa susu kedelai merupakan alternatif susu sapi terbaik.

Mengutip Times, susu kedelai bahkan ditemukan lebih menyehatkan dibandingkan susu almond. Susu kedelai disebut memiliki profil nutrisi yang hampir menyerupai susu sapi.
Namun, orang yang memiliki alergen terhadap kedelai tentu perlu berhati-hati. Kedelai sendiri dikenal sebagai alergen yang paling umum bagi kelompok anak dan dewasa.

Pada dasarnya, baik susu kedelai dan susu sapi sama-sama merupakan pilihan minuman sehat. Perbedaan keduanya hanya terlihat pada profil nutrisi yang telah dijelaskan di atas.

Susu kedelai memang mengandung lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan susu sapi. Namun sebagai alternatif susu sapi lainnya, Anda juga bisa mengonsumsi susu skim. Nama terakhir adalah susu sapi rendah atau tanpa lemak.

Baca Juga  Cara Turunkan Panas Pada Anak Tanpa Obat

Meski rendah lemak, tapi susu sapi memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan susu kedelai.

Menukil laman Mayo Clinic, dalam 250 mililiter susu sapi murni umumnya terdapat 300 miligram kalsium. Kalsium sendiri berperan untuk membantu membangun tulang dan mencegah osteoporosis.

Namun belakangan, banyak produk susu kedelai dan susu nabati lainnya yang diperkaya dengan kalsium. Hal ini dilakukan agar nutrisi susu nabati bisa hampir menyerupai susu sapi.
Selain kalsium, susu sapi juga lebih banyak mengandung vitamin dibandingkan kedelai. Susu sapi kaya akan vitamin B12 dan D.

Susu kedelai mungkin cocok bagi orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa dan tengah menjalani diet. Sementara susu sapi cocok bagi Anda yang ingin menjaga tulang tetap sehat dan tak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.(*)

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles