KSAL Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test di DPR

 

Indonesiadaily.net – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono datang ke Gedung DPR RI untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI.

Dalam paparannya dihadapan Komisi I, dia membahas situasi kondisi mulai dari tingkat global, nasional dan regional.

“Ini kami mulai dari penilaian situasi strategis. Pada tataran global, geopolitik dunia masih dihadapkan pada kemajuan teknologi informasi dan digital beserta dampaknya,” kata Yudo.

Dia menambahkan, terdapat konflik kepentingan dan kompetisi kekuatan negara-negara besar dalam tataran situasi global. Situasi itu juga dilihat Yudo dengan adanya konflik terbuka Rusia-Ukraina.

Di sisi lain, situasi global juga dihadapkan pada persaingan dagang dan investasi, dampak perubahan iklim, wabah penyakit dan biosecurity, serangan siber serta ada potensi ancaman kelangkaan pangan maupun energi.

Baca Juga  Surat Presiden Calon Panglima TNI Diterima Pimpinan DPR

“Pada lingkup regional, potensi instabilitas kawasan Asia Pasifik mengemuka sebagai akibat dari adanya ketegangan dan kehadiran kekuatan asing di wilayah Laut China Selatan,” jelasnya.

Selanjutnya, pada tataran nasional, secara umum kondisi keamanan Indonesia disebut cukup stabil. Namun, kata Yudo, hal itu masih diwarnai oleh beberapa isu menonjol.

“Mulai dari gangguan keamanan di daerah tertentu, rencana pembangunan IKN, dinamika situasi politik jelang pesta demokrasi 2024, kenaikan harga BBM dan kebutuhan pokok, serta percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” pungkasnya.

Untuk diketahui, terpilihnya KSAL Yudo Margono sebagai Panglima TNI setelah surpres (surat presiden) diterima oleh Ketua DPR Puan Maharani yang diantar langsung Mensesneg Pratikno pada hari Senen (28/11).

Baca Juga  Laksamana Yudo Margono Bocorkan Calon KSAL Pengganti Dirinya

Turut mendampingi Yudo dalam fit and proper test yaitu Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, bersama perwira tinggi lainnya.

Penulis : Aulia Syahramadhan
Editor : Nur Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *