Senin, April 15, 2024

Keren! 8 Kota di Indonesia Ini Jadi Kuliner Terbaik Dunia

 

Indonesiadaily.net – TasteAtlas merupakan situs interaktif yang menyediakan peta kuliner tradisional yang otentik di dunia serta kritik dan ulasan dari para ahli gastronomi.  Dari beberapa kategori, terdapat kategori Best Food Cities & Regions yang berisikan daftar 100 kota yang memiliki kuliner terbaik dari 16.601 kota di dunia. Menariknya, 8 kota di Indonesia masuk ke dalam daftar kota dengan kuliner terbaik versi TasteAtlas tahun 2023/2024. Kota mana sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Bandung

Bandung adalah satu-satunya kota di Indonesia yang masuk ke dalam 10 besar kota dengan makanan terbaik di dunia. Kota ini mendapatkan ulasan yang besar yakni 4.66 dari 5 bintang.

Bandung terkenal dengan beberapa makanannya seperti batagor, siomay, mie kocok, dan cireng. TasteAtlas juga merekomendasikan beberapa tempat makan di Kota Kembang ini seperti Warung Nasi Ibu Imas 81, Lemper Purnama, dan Batagor Yunus.

2. Jakarta

Jakarta ke dalam peringkat ke-11, satu nomor di bawah Kota Bandung. Pengguna memberikan rating 4.65 kepada Jakarta yang terkenal dengan nasi uduk, gado-gado, dan soto betawinya ini.

Baca Juga  Luhut : Pekan Depan Jokowi Akan Umumkan Harga Baru BBM Subsidi

Beberapa rekomendasi restoran yang bisa kamu kunjungi seperti 1945 Restaurant, Bandar Djakarta, dan Lapo Marpadotbe.

3. Surabaya

Beralih ke Jawa Timur, Surabaya berhasil mendapatkan peringkat ke-16 dari lebih dari 16 ribu kota di dunia. Mendapatkan ulasan 4.61, Anda bisa merasakan beberapa makanan tradisional yang lezat di Kota Pahlawan ini seperti rujak cingur dan rawon.

Kalau Anda berkunjung ke Surabaya, bisa menikmati kuliner di beberapa rekomendasi tempat makan ini seperti Soto Ayam Cak To, Rawon Pak Pangat, dan Bebek Goreng Papin. Ingin sesuatu yang dingin? Nikmati es krim legendaris di Zangrandi Ice Cream.

4. Padang

Ketika membicarakan kuliner, Padang adalah salah satu kota yang wajib masuk ke dalam list ini. Kota Padang mendapatkan nilai 4.61 bintang, menjadikannya berada di peringkat ke-42.

Makanan-makanan yang wajib dicoba adalah nasi padang, rendang, gulai, dan sate padang. Rekomendasi tempat makan untuk menyantap masakan khas Padang adalah Lamun Ombak Rumah Makan, Pagi Sore, Resto Selamat, dan Restoran Simpang Raya.

Baca Juga  Sederet Film yang Tayang di Cannes Film Festival 2023, Ada Indiana Jones

5. Malang

Malang berada di peringkat 49 dengan rating 4.48. Kota yang berada di Jawa Timur ini terkenal dengan bakwan atau bakso malangnya. Santapan lain yang bisa dinikmati di sini seperti rawon, pecel, dan keripik.

Jika Anda ingin menikmati bakso malang dengan rasa yang asli, bisa mengunjungi Bakso Kota Cak Man dan Bakso Cak Kar. Selain nama-nama tempat makan tersebut, Anda juga bisa menikmati hidangan lainnya di Rumah Makan Rawon Nguling dan Keripik Tempe Pak Tohir.

6. Yogyakarta

Ketika berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satu kuliner yang dituju pasti adalah nasi gudeg. Situs Taste Atlas merekomendasikan tempat makan nasi gudeg terbaik seperti Gudeg Sagan, Gudeg Yu Djum, dan Gudek Bu Hj. Ahmad.

Anda juga bisa menikmati sayur lodeh, sate, dan ayam goreng. Dengan makanan-makanan khasnya, Yogyakarta berada di peringkat 58 dengan 4.44 bintang.

7. Seminyak

Baca Juga  Anggaran Belanja Pegawai Bertambah, Gaji PNS Tahun 2023 Naik?

Seminyak, salah satu kota di Pulau Bali, memperoleh rating 4.41 dan berada di nomor 67 dalam daftar Best Food Cities & Regions. Kota ini terkenal dengan nasi betutu, nasi goreng, sate, dan masih banyak lagi.

Beberapa tempat makan terbaik versi situs kuliner ini termasuk Biku Bali, Pork Star Restaurant, Warung Nia, dan Wacko Burger Cafe. Dapat Anda masukkan list saat berlibur ke Bali.

8. Ubud

Yang terakhir dan masih di Pulau Bali, Kota Ubud memperoleh peringkat 86 dari 100 kota di dunia dengan nilai rata-rata 4.37 bintang. Kota ini terkenal dengan wisata kulinernya seperti nasi betutu, bebek goreng, dan nasi campur khas Bali.

Saat berlibur akhir tahun ke Ubud, Anda bisa menyantap makanan lezat di Bebek Tepi Sawah, Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, Warung Nasi Betutu, dan Dewa Warung. Ditambah lagi suasana Ubud yang asri makin membuat lahap saat kulineran di Pulau Dewata. (*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles