Senin, Juni 17, 2024

Kenali Penyebab Utama Tubuh Mengantuk Setelah Selesai Makan

Indonesiadaily.net – Tubuh sangat membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tapi tahukah Anda hampir seluruh orang di dunia ternyata kerap kali merasa mengantuk setelah selesai makan. Lalu apakah penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini.

Fenomena mengantuk setelah makan atau dinamakan food coma membuat seseorang tidak termotivasi untuk lanjut belajar atau bekerja, hingga ingin memejamkan mata atau tidur.

Dilansir dari Detik, sejumlah studi dan pakar menemukan terdapat setidaknya empat faktor yang menyebabkan timbulnya rasa kantuk setelah makan.

1. Melewatkan sarapan

Hasil penelitian Dr. Tomonori Kishino dari Universitas Kyorin, Jepang menyatakan orang-orang yang melewatkan sarapan cenderung mengantuk di siang hari karena aliran darah di otaknya menurun drastis usai makan siang.

Baca Juga  Coba Yuk! Ini Tips Jaga Kesehatan saat Musim Hujan

“Melewatkan sarapan dapat memberi beban berat pada tubuh setelah makan siang, dengan menyebabkan perubahan yang lebih besar pada aliran darah,” terangnya.

“Melewatkan sarapan dapat memberi beban berat pada tubuh setelah makan siang, dengan menyebabkan perubahan yang lebih besar pada aliran darah,” terangnya.

Jika tidak ingin mengantuk di siang hari, pastikan tidak melewatkan sarapan pagi.

2. Muncul hormon serotonin

Hormon serotonin merupakan hormon yang memicu perasaan bahagia yang dapat muncul setelah makan.

Berdasarkan tinjauan studi Romain Meeusen dan rekan-rekannya dalam jurnal Sports Medicine menyatakan serotonin memiliki keterkaitan dengan rasa lelah dan umumnya dapat menyebabkan hilang motivasi, tidur, lesu, dan mengantuk. Namun terkait kebenarannya, masih perlu bukti penelitian lebih lanjut.

Baca Juga  Rendah Kalori, Pisang Bagus Untuk Diet? Ini Kata Ahli

Menurut pakar gizi Claire Shortt, serotonin berperan penting terhadap kondisi hati dan siklus tidur seseorang. Ketika kadar hormon tersebut naik setelah makan, maka dapat menyebabkan seseorang merasakan kantuk.

3. Kadar gula darah naik

Selain hormon serotonin, Claire Shortt menyatakan kadar gula yang tidak stabil setelah makan dapat mengakibatkan seseorang merasakan lelah secara mendadak dan mengantuk.

Kadar gula meningkat ketika seseorang mengonsumsi makanan tinggi gula atau makan dalam porsi yang banyak. Tak hanya itu, makanan yang mengandung garam dan protein yang tinggi juga diperkirakan dapat menyebabkan kantuk.
Meski demikian, kita tidak dianjurkan untuk tidur setelah makan karena hal tersebut dapat menyebabkan obesitas, diabetes, gangguan pencernaan hingga stroke.

Baca Juga  Intip Yuk Tips dan Cara Cegah Rambut Rontok Untuk Wanita Muslimah

Jadi, dapat disimpulkan bahwa alasan seseorang mengantuk setelah makan karena melewatkan sarapan pagi, adanya peningkatan hormon serotonin dan kadar gula darah. Untuk mencegah rasa kantuk setelah makan, usahakan tidak melewatkan sarapan pagi dan makan makanan dalam porsi wajar ya.(*)

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles