Senin, Juni 17, 2024

Kenaikan Harga Pertalite Jadi Rp 10 Ribu dan Solar Rp 8.500 Dianggap Rasional

Indonesiadaily.net – Kenaikan Pertalite diangka Rp 10 ribu per liter dan Solar menjadi Rp 8.500 per liter, menurut Pengamat Energi, Mamit Setiawan cukup rasional.

“Kenaikan harga Pertalite di angka Rp10 ribu per liter dan Solar Rp8.500 per liter buat saya cukup rasional, dan tidak terlalu membebani masyarakat,” tutur Mamit, Senin 22 Agustus 2022.

Bahkan, menurut perhitungan Mamit, tingkat inflasi tidak akan terlalu tinggi karena kenaikan harga BBM subsidi itu, dimana masih bisa di bawah satu persen.

“Inflasi, saya kira tidak akan terlalu tinggi karena kenaikan harga BBM subsidi ini ya, di bawah satu persen penambahan beban inflasinya,” imbuh dia.

Maklum, lanjut Mamit, harga minyak mentah dunia sudah lompat cukup jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga  Bagikan Riwayat Sakit Reza Gunawan, Dewi Lestari Banjir Dukungan

Hal ini, kata dia, membuat beban keuangan negara sangat berat karena harus memberikan subsidi dan kompensasi kepada badan usaha, dalam hal ini PT Pertamina (Persero).

Kenaikan harga BBM bersubsidi, ia menilai dapat mengurangi beban subsidi energi yang saat ini kelewat tinggi.

Menurut catatan pemerintah, proyeksi awal subsidi energi di tahun 2022 senilau Rp 170 triliun. Namun, ternyata membengkak jadi Rp 502 triliun.

Pengamat Energi lainnya, Fabby Tumiwa, menuturkan sebetulnya tidak ada hitung-hitungan tepat untuk menaikkan harga BBM subsidi.

Pemerintah, sambung dia, dihadapkan pada pilihan sulit, yaitu menaikkan harga sesuai keekonomian atau menaikkan harga baru yang berarti subsidi akan lebih sedikit.

Baca Juga  Iran Siap Dampingi Palestina Serang Israel

“Tetapi, berapa pun kenaikannya (harga BBM subsidi), dampaknya inflasi. Kalau pemerintah tidak mampu menambah subsidi, harga naik sesuai biaya penyediaannya. Kalau biaya Rp13 ribu, segitu harga Pertalite dan Solar,” jelasnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles