Senin, April 15, 2024

JIS Dianggap Tidak Standar FIFA oleh PSSI, Ini Lokasi FIFA Matchday

Indonesiadaily.net – PSSI batal menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk menggelar laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September 2022.

Rencana bertanding melawan Timnas Curacao di JIS, adalah agenda pertemuan kedua Timnas Indonesia . Dimana, pertemuan pertamanya akan diselenggarakan di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September 2022.

PSSI mengumumkan keputusan ini melalui laman resminya pada Jumat 9 September 2022, atau sehari setelah melakukan rapat terbatas persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Istana Negara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Selain tidak jadi menggunakan JIS, tetapi PSSI juga membuat pernyataan yang mengejutkan, karena JIS dianggap infrastrukturnya tidak standar FIFA. Terutama terkait keamanan, seperti area menurunkan tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan masih menumpuk di barat dan utara.

Baca Juga  Siap-siap! Tol Jagorawi Dipasang Tiang Sensor MLFF, Apa Itu?

PSSI juga menginginkan ada kajian ulang untuk Perimeter tribun JIS di area barat yang tidak kokoh. Ditambah lagi sarana dan prasarana pendukung, seperti kantung parkir, transportasi umum, dan akses menuju stadion yang belum sesuai standar.

“Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Matchday yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25% – 50% – 75% – 100% dari perhitungan maximum safety capacity,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Tentunya dengan hanya mampu menampung 800 unit kendaraan roda empat, JIS yang bisa menampung 80 ribu penonton tentunya akan sangat riskan apabila menjadi lokasi Timnas Indonesia bertanding. Karena animo masyarakatnya untuk menontonnya sangat besar.

Baca Juga  Ngeri, Wanita di Tangerang Tewas Bakar Diri

“Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur . Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA,” imbuh Yunus.

PSSI juga menekankan perihal mahalnya biaya sewa untuk penggunaan JIS, sampai-sampai Persija Jakarta belum berkandang di sana selama Liga 1 2022/2023 bergulir. Sampai akhirnya mereka memilih menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga sebagai kandang.

Sorotan publik juga ke lokasi pengganti JIS, yakni Stadion Pakansari dan Stadion Patriot yang berlokasi di Jawa Barat. Karena, dianggap ada agenda politik terselubung dari Ketua Umun PSSI, Mochamad Iriawan

Baca Juga  5 Gaya Hidup yang Efektif Turunkan Kolesterol

Bukan tanpa alasan opini ini muncul. Sebab, sejak lama pria yang akrab disapa Iwan Bule itu didorong untuk maju menjadi calon Gubernur Jawa Barat. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles