Senin, Juni 17, 2024

Jika Tol Ini Selesai, Apakah Jarak Jakarta-Bandung Jadi Hanya 1 Jam?

Indonesiadaily.net – Proyek tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan kini pembangunannya sedang digenjot pemerintah. Ini adalah tol Jakarta -Cikampek yang diproyeksikan bisa mengurangi waktu tempuh menuju ke Bandung.

Tol yang nantinya memiliki panjang 62 kilometer tersebut, membuat jarak Jakarta ke Bandung diperikirakan hanya menghabiskan waktu 1 jam.

“Ini menjadi pertemuan Jakarta dan Cipularang. Rencana kecepatan maksimum di sini 80 km per jam dan ini jaraknya 62 km. Jadi, sekitar 45 menit nyampe Jakarta-Bandung. Lebih cepat,” ujar Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan, Bambang Sulistyo.

Tetapi, penjelasan Bambang tersebut, adalah perhitungan waktu tempuh dari Jatiasih, Kota Bekasi, menuju wilayah Sadang, Purwakarta. Sedangkan untuk menuju Kota Bandung masih perlu menempuh perjalanan sekitar 50 kilometer lagi.

Baca Juga  3 Peragaan Busana di Indonesia yang Ternyata Merambah dunia Internasional

Nantinya dengan adanya tol ini kendaraan yang berasal dari kawasan BSD sampai Pondok Indah atau melalui tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR) ke Arah Bandung, tidak perlu masuk ke simpang Cikunir. Tetapi sebelum Cikunir bisa langsung memutar ke kanan arah Jatiasih Bekasi, hingga tembus kawasan Sadang Purwakarta sejauh 62 km, lalu menuju Padalarang Bandung.

Berdasarkan pengukuran via Google Maps, jarak pintu gerbang tol Jatiasih melalui jalur tol eksisting Jakarta-Cikampek sampai Sadang kurang lebih 72 kilometer.

Sedangkan jarak pada tol Japek II Selatan hanya 62 km dari SS Jatiasih STA0 + 000 – SS Sadang. STA 60+992 Artinya dengan melewati tol Japek II selatan ini bisa mengurangi jarak perjalanan kurang lebih sampai 10 km.

Baca Juga  Pemerintah Buka Rekrutmen PPPK Nakes, Ini Syaratnya

Bila melihat fakta di atas maka jarak tempuh untuk perjalanan tujuan Jakarta-Bandung bisa lebih cepat lagi dari biasanya. Artinya sebelum sampai wilayah Bandung, sudah ada pemangkasan waktu maupun jarak.

Untuk menuju kota Bandung, misalnya untuk keluar tol Pasteur, pengendara masih harus menempuh perjalanan 50 kilometer lagi atau tambahan waktu estimasi 35-40 menit sampai gerbang tol Pasteur.

Sehingga perjalanan dari Jatiasih ke Pasteur, dengan kecepatan konstan 80 km per jam maka waktu tempuh yang bisa mencapai 95 menit. Tentu estimasi waktu ini bersifat relatif. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles