Senin, Juni 17, 2024

Jelang Rimpac 2024 di Hawai, Kapal Perang Indonesia dan Brunei Latihan Bersama

Indonesiadaily.net, SurabayaKapal Perang Republik Indonesia Raden Eddy Martadinata atau KRI REM-331 bersama dua kapal perang Brunei Darussalam, yakni KDB Darussalam-06 dan KDB Darulaman-08 menggelar latihan bersama di Laut Filipina hingga Laut Mariana selama dua hari, dari 9-10 Juni 2024.

“Latihan ini bagian dari Southeast Asia Group Sail (SAG), yang mana armada kapal perang kedua negara berlayar bersama menuju Guam untuk mengikuti Latihan Multinasional Rim of the Pacific 2024 (Rimpac 2024),” kata Komandan KRI REM-331, Kolonel Laut (P) Adam Tjahja Saputra.

Ia menjelaskan, berbagai manuver dan simulasi perang dilakukan selama pelayaran, termasuk Flaghoist yakni Komunikasi menggunakan isyarat bendera, Screenex atau pembentukan formasi tabir di laut dan Sailpast, yaitu bentuk penghormatan kepada kapal lain.

Baca Juga  Polisi di London Rudapaksa 24 Korbannya Dalam Kurun 17 Tahun

“Latihan ini menjadi bukti nyata sinergi dan komitmen kedua negara dalam meningkatkan kemampuan tempur dan menjaga keamanan maritim di kawasan,” jelasnya.

Adapun tujuan dari latihan ini, kata dia, untuk memantapkan kemampuan prajurit dalam persiapan Latma Rimpac 2024 di Hawaii agar dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Armada kapal dijadwalkan tiba di Guam pada 11 Juni 2024 untuk mengikuti kegiatan harbour phase dan melakukan bekal ulang logistik sebelum melanjutkan perjalanan ke Hawaii, Amerika Serikat.

“Dengan kesiapan tempur yang matang dan kerja sama yang solid, diharapkan KRI REM-331 dapat berkontribusi maksimal dalam Latma Rimpac 2024,” ucap Adam.

Pewarta : Bas
Editor : Sigit


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles