Kamis, Juli 25, 2024

Jakpro Bantah Ucapan PSSI Tentang JIS Tidak Layak FIFA

Indonesiadaily.net – PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menegaskan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) sudah memenuhi standar FIFA. Sikap yang diberikan Jakpro itu sekaligus mematahkan pernyataan PSSI tentang fasilitas JIS.

Karena pendapat PSSI, JIS pun batal menjadi lokasi pelaksanaan FIFA matchday Timnas Indonesia yang akan melawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022.

Plt Direktut Proyek JIS, Arry Wibowo menjelaskan, JIS mirip dengan stadion di Eropa dan perencanaan pembangunan stadion sendiri telah didampingi langsung oleh pihak FIFA.

“JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa baik secara desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan,” ucap Arry Wibowo, Sabtu 10 September 2022.

Baca Juga  Presiden Sri Lanka, Wickremesinghe : Percuma Pulang Kalau Rumahnya Sudah Dibakar Massa

Terkait kantong parkir yang menurut PSSI kapasitasnya kurang, Arry berpendapat hal itu tidak ada masalah. Menurutnya semua sudah menyerupai dengan beberapa stadion terkenal di Eropa.

“Stadion modern standar FIFA kini dirancang untuk masa depan, yang perlu memperhatikan keberlanjutan. Salah satunya mengupayakan untuk terintegrasi dengan angkutan publik. Stadion di Eropa pun demikian, Stadion Bernabeu pasca direnovasi hanya menyisakan kurang lebih 500 kantong parkir bus dan kendaraan pribadi, bahkan stadion bersejarah di pusat Eropa yakni Wembley di Londong menyarankan seluruh penonton yang hadir mengoptimalkan alat transportasi umum yang tersedia,” tuturnya.

Berita sebelumnya, PSSI mempertanyakan kelayakan JIS untuk menggelar sebuah laga.

Hasil inspeksi tim Infrastucture Safety and Security PSSI menilai Stadion JIS belum layak untuk menggelar FIFA Matchday.

Baca Juga  Ingat! Dilarang Membawa Hewan Peliharaan di CFD, Ini Dasar Peraturannya

Dikutip dari laman resmi PSSI, penyebabnya adalah Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100% infrasturkur (area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer parimeter menumpuk di barat utara). (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan