Wisata  

Intip Sederet Tips Liburan Hemat Akhir Tahun

Indonesiadaily.netli- Liburan akhir tahun menjadi salah satu momentum yang paling dinantikan. Namun, liburan akhir tahun membutuhkan persiapan yang lebih matang lantaran masuk periode high season atau musim ramai pengunjung.

Associate Public Relations Manager Pegipegi, Devi Agustina, mengatakan, berdasarkan riset Pegipegi harga hotel saat high season naik 15 persen dibandingkan low season.

Riset tersebut dilakukan terhadap median harga hotel di 19 wilayah populer Indonesia.

“Kenaikan harga hotel saat high season 15 persen lebih mahal dibandingkan low season. Yogyakarta menjadi destinasi populer yang mengalami kenaikan harga tertinggi untuk semua kategori hotel, yakni 36 persen,” ujarnya.

Mengacu pada hasil riset di atas ini dia tips agar momentum liburan akhir tahun tetap aman, nyaman, dan terjangkau, sebagai berikut yang dikutip dari kompas.com.

Jadwal perjalanan merupakan aspek krusial yang harus disusun sebelum traveling akhir tahun. Jadwal perjalanan meliputi waktu, lama, dan tempat liburan.

Sebab, bagi bekerja perlu mengajukan cuti ke kantor. Selain itu, dengan menentukan jadwal perjalanan, kamu memiliki perkiraan waktu yang jelas sehingga dapat mempersiapkan perjalanan dengan matang.

Mulai dari anggaran atau budget, akomodasi, transportasi, itinerary hingga merapikan perlengkapan perjalanan.
Liburan dalam kondisi tidak fit akan membuat traveling kamu tidak nyaman. Oleh karena itu, pastikan menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama perjalanan.

Baca Juga  Ini Alasan Farhat Abbas Laporkan KPU ke Kepolisian

Caranya, makan dan minum yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, dan lakukan olahraga ringan, seperti jogging.

Agar liburan tidak berakhir dengan buruk, maka persiapan budget harus matang. Jadi, momentum liburan tidak akan menguras tabungan.

Alokasikan budget liburan sesuai kemampuan dan kebutuhan. Kemudian, kelompokkan ke dalam beberapa pos anggaran, seperti transportasi, penginapan, makanan, tiket masuk atraksi atau wahana, hingga belanja oleh-oleh.

Dalam menentukan destinasi wisata, kamu bisa mengumpulkan informasi lengkap dari berbagai sumber. Pastikan destinasi wisata yang dituju sesuai dengan alokasi budget.

“Untuk menghemat budget, ada cukup banyak destinasi terbaik dengan harga tiket masuk yang terjangkau bahkan gratis,” kata Devi.

Jangan lupa untuk menggali informasi seputar akomodasi terdekat, cara menuju tempat wisata, biaya transportasi, hingga harga tiket masuk ke tempat wisata.

Harga akomodasi dan tiket transportasi jelang liburan akhir tahun lebih mahal dibandingkan periode biasa. Pegipegi mencatat rata-rata kenaikan harga hotel saat high season yaitu 15 persen dibandingkan low season.

Baca Juga  Indeks Bisnis UMKM BRI Q2-2022: UMKM Tangguh, Produktivitas Bisnis Semakin Melesat

“Sedangkan untuk tiket transportasi liburan akhir tahun, seperti pesawat, diprediksi bakal meningkat sekitar 10 hingga 20 persen,” ujar Devi

Ia menuturkan periode November hingga awal Desember merupakan waktu terbaik untuk memesan akomodasi dan transportasi agar lebih terjangkau.

Dengan early booking, lanjutnya, traveler bisa menghemat budget 15–35 persen untuk akomodasi dan 10–20 persen untuk transportasi.

Selain early booking, traveler juga bisa mencoba tips liburan akhir tahun agar hemat lainnya.

Meliputi, menginap di hari Minggu atau Senin, mengikuti flash sale, booking hotel yang baru diresmikan, bergabung dengan loyalty program, hingga memanfaatkan penawaran spesial dari layanan finansial dan perbankan.

Sebelum bepergian, sebaiknya perhatikan ramalan cuaca pada periode liburan. Hal ini akan mempengaruhi persiapan perjalanan kamu, seperti peralatan khusus yang perlu dibawa.

Hal yang sama berlaku jika kamu ingin bepergian ke  negeri. Biasanya, musim semi adalah waktu terbaik jika ingin mengunjungi tempat wisata tanpa terkendala cuaca.

Selain itu, kamu harus mengetahui informasi terbaru seputar regulasi perjalanan pada masa pandemi Covid-19. Hal ini untuk memastikan bahwa kamu memenuhi kriteria kota atau negara destinasi liburan.

Baca Juga  6 Tempat Kuliner Legendaris di Kawasan Garut

Saat berlibur, pastikan kamu membawa uang secukupnya agar tidak boros atau kekurangan selama traveling.

Uang tunai masih dibutuhkan, apalagi ketika kamu berada lokasi yang tidak bisa menerima pembayaran elektronik.

Selain itu, bawalah perlengkapan sesuai dengan kebutuhan agar kamu tidak kerepotan dengan barang bawaan
Mengunduh sejulah aplikasi perjalanan akan membuat liburan kamu lebih praktis. Misalnya, aplikasi transportasi online, wahana wisata, rental mobil, layanan finansial, dompet elektronik, dan sebagainya.

“Itulah delapan tips yang bisa kamu lakukan agar traveling akhir tahun menjadi lebih matang, lancar, dan terjangkau,” tutup Devi.

Editor : Nur Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *