Kamis, Juli 25, 2024

Ini yang Menyebabkan Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Indonesiadaily.net – Pasca Australia mundur dari pencalonan, maka Indonesia semakin terbuka lebar menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. 

Keputusan Australia mundur dari bursa calon tuan rumah itu diketahui melalui laman resmi Federasi Sepak Bola Australia (FA) pada Jumat (2/9) sore WIB. 

“Federasi Sepak Bola Australia telah memutuskan tidak akan melanjutkan pengajuan resmi untuk [tuan rumah] Piala Asia 2023. Federasi Sepak Bola Australia mempertahankan minat dalam penawaran untuk [menjadi tuan rumah] Piala Asia Wanita 2026 dan akan mengajukan tawaran formal dan komprehensif ke AFC sesuai batas waktu yang telah ditentukan,” bunyi pernyataan mereka.

Dengan mundurnya Australia, maka persaingan calon tuan rumah Piala Asia 2023 tinggal menyisakan Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar. Kans Indonesia juga cukup terbuka karena Australia semula disebut jadi salah satu calon kuat menggelar turnamen paling bergengsi di Asia tersebut.

Baca Juga  Tidak Hanya Ganja, Cicipi Burger dari Serangga yang Hits di Thailand

Indonesia telah mengajukan proposal menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 pada akhir Juni 2022. Keinginan Indonesia menjadi tuan rumah juga telah mendapat restu dari pemerintah.

Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 16 Juni hingga 16 Juli atau hanya terpaut lima hari dari Piala Dunia U-20 2023 yang akan dimulai pada 20 Mei hingga 11 Juni.

Sebelumnya, gelaran Piala Asia 2023 direncanakan berlangsung di China. Namun China mengundurkan diri lantaran masih fokus pada penanganan pandemi Covid-19.

AFC lalu menawarkan kesempatan pada 24 negara yang telah lolos ke Piala AFC untuk mengajukan diri jadi tuan rumah. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan