Kamis, Juli 25, 2024

Ini Syarat Kominfo Jika Ingin Yahoo, PayPal, dan Epic Games Blokirnya Dibuka

Indonesiadaily.net – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan ada satu yarat jika ingin dibukanya blokiran. PayPal, Epic Games, Yahoo, Stream hingga Defense of The Ancients (DoTA)2.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, syaratnya adalah platform tersebut harus mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dengan sah.

“Bisa (dibuka blokirnya) kalau memang terbukti mereka sudah daftar dengan memberikan data yang benar,” ujarnya

Samuel menjelaskan, sekarang ini ada delapan platform yang diblokir Kominfo karena belum mendaftar PSE hingga tenggat waktu yang diberikan yaitu 29 Juli 2022 pukul 23.59 WIB, 

Samuel membeberkan delapan situs atau aplikasi yang diblokir tersebut, yakni Yahoo search engine, Steam, Dota2, Counter-Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com dan Paypal.

Baca Juga  10 Daftar Pemain Terbaik Sepanjang Masa, Debatkan nama Neymar

Menurut Semuel, tak akan lama bagi pihaknya membuka blokiran jika syarat yang ditetapkan bisa dibuktikan yakni mendaftar di website PSE Kominfo.

“Kalau proses normalisasi (buka blokir) sebentar, dalam 10-30 menit,” jelasnya.

Adapun pendaftaran PSE ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Berdasarkan pantauan di pada Sabtu (30/7) sebelum pukul 06.00 WIB, tiga pendaftar terakhir di situs Kominfo adalah Microsoft Bing, Paypal, dan Battle.net,sementara platform DoTA maupun Steam belum terlihat di pendaftar terbaru.

Namun, daftar ini berubah pada Sabtu siang, dengan PayPal masuk daftar situs yang dihentikan sementara. (*)

Baca Juga  How Often Do Christian Married Couples Possess Intercourse?

 

Editor : Fenilya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan