Selasa, Desember 5, 2023

Ini Manfaat untuk Ekonomi Indonesia, Jika Tiga Nol dalam Rupiah Dihilangkan

Indonesiadaily.net – Redenominasi menurut Bank Indonesia (BI) akan memberikan manfaat bagi perekonomian Indonesia. Terutama dalam hal efisiensi.

“Redenominasi dari sisi ekonominya ada banyak manfaat, dari redenominasi terutama masalah efisiensi. Dengan nol tiga (dikurangi) efisiensi ekonomi akan meningkat. Berapa efek dari digit dari teknologi, penggunaan teknologi perbankan dan pembayaran sangat efektif,” ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Perry yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) menjelaskan, dengan jumlah nol yang kini sangat banyak, aktivitas transaksi menjadi sangat lambat. 

“Tanpa nol tiga, penyelesaian transaksi akan lebih cepat,” paparnya.

Wacana redenominasi sudah bergulir cukup lama. RUU Redenominasi Rupiah sebenarnya telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77/PMK.01/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020-2024. Namun, hingga saat ini, tidak ada perkembangannya.

Baca Juga  Usung Tema “Makin Muda(H)”, BRI Gelar Sayembara Desain Logo HUT ke-127

Hal yang senada disampaikam Chief Economist BRI Danareksa Sekuritas, Telisa Falianty menjelaskan, tujuan redenominasi adalah untuk menciptakan efisiensi dalam perekonomian. Ini bukan hal aneh, sebab banyak negara sudah mempraktikan langkah tersebut beberapa waktu silam.

“Redenominasi itu utamanya untuk mencapai efisiensi agar ekonomi menjadi lebih baik, perhitungan juga lebih mudah dan memberikan efek psikologis tentang nilai mata uang yang kuat,” jelasnya dalam program Profit, CNBC Indonesia.

Efisiensi paling jelas terlihat dalam pencatatan keuangan. Dalam hal paling sederhana, ketika masyarakat ingin berbelanja. Barang yang harganya ratusan juga bisa dipersingkat menjadi ratusan ribu. Seperti halnya dolar Amerika Serikat (AS).

“Kalau semakin banyak 0 itu menunjukkan mata uang tersebut relatif lemah. karena 0 nya banyak. Jadi untuk membeli mobil kita harus mengeluarkan Rp 500 juta. kan 0 nya banyak, tapi kalau US$ kan cukup beberapa ribu,” ujar Telisa. (*)

Baca Juga  Mengenal Teddy Syah yang Sudah Bermain untuk Ratusan Film dan Sinetron

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Perumda Tirta Kahuripan

Latest Articles