Ini Alasan Ivan Gunawan Bangun Masjid di Uganda, Afrika

ivan bangun masjid
Ivan Gunawan membangun masjid di Uganda, Afrika.

Indonesiadaily.net – Presenter Ivan Gunawan sedang membangun masjid di Uganda, Afrika. 

Igun-sapaannya- menjelaskan, alasan dirinya membangun masjid di negara tersebut, karena populasi muslimnya semakin meningkat di negara tersebut.

“Jadi kebetulan di Uganda banyak muslimnya, tapi mereka kan susah kehidupannya. Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid. Jadi saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid di sana,” ujar Ivan Gunawan..

Tidak hanya membangun masjid, nantinya Ivan Gunawan juga akan melengkapinya dengan peralataan untuk menunaikan salat di dalam masjid tersebut.

“Nggak cuma masjid. Baju muslim, mukena, sarung di sana juga susah. Ya alhamdulillah ada anak Indonesia yang mau meluangkan waktunya ikut di dalam acara kemanusiaan. Dari situ saya jadi terinspirasi untuk membuat masjid yang bagus dan fasilitas yang layak untuk saudara muslim disana,” ucap Ivan Gunawan.

Baca Juga  5 Negara Terkaya di Dunia, Dua Dari Benua Asia

Kata Ivan Gunawan, pembangunan masjid ini sekaligus untuk memenuhi nazar atau janjinya untuk membangun sebuah rumah ibadah.

“Alhamdulillah senang banget karena saya punya nazar sama Allah bahwa saya ingin membangun masjid. Dan hal itu bisa terwujud,” jelas Ivan Gunawan.

Ivan Gunawan memang tidak sendiri dalam pembangunan ini. Ia bekerja sama dengan Yayasan Golden Future dan juga desainer interior kenamaan Tanah Air, Susan Emir.

Adapun nama masjid yang sedang di bangun Ivan Gunawan ini adalah Masjid Indonesia by Ivan Gunawan. Pertama kali di bangun pada tanggal 16 April 2022 berlokasi di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat.

Warga Uganda Barat, tepatnya di Distrik Hoima sangat antusias menyambut project pembangunan masjid tersebut.

Baca Juga  KemenKopUKM Gandeng Peritel Global Perluas Pasar Ekspor UKM

Masjid dengan ukuran cukup besar itu mampu menampung hingga 400 jamaah.

Kata Ivan Gunawan, pembangunan masjid ini sudah sampai pada 80 persen. Sebentar lagi masjid itu bisa digunakan untuk ibadah masyarakat muslim di Uganda.

“Alhamdulillah pembangunan sudah 80 persen jadi. Meski belum sepenuhnya jadi, masjid saat ini sudah dipakai solat dan kajian oleh warga sekitar,” tutur Ivan Gunawan.

“Selain masjid, kita juga membuat sumber air untuk berwudhu dan sehari-hari juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk masak dan minum,” lanjutnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.