Kamis, Juli 25, 2024

Inggris, Britania Raya, dan Inggris Raya, Apa Perbedaannya?

Indonesiadaily.net – Sepeninggalan Ratu Elizabeth II, Inggris menjadi bahan pembicaraan. Namun, masih banyak yang salah mengartikan Inggris sebagai negara dan wilayah.

Selama 70 tahun berkuasa persatuan Inggris Raya kerap diidentikan dengan Ratu Elizabeth II. Dimana perannya dalam menjaga kesatuan negara ketika sejumlah wilayah kekeh ingin menggelar referendum pemisahan diri. Salah satunya yakni pemberontakan Irlandia Utara.

Jadi, apa perbedaan Inggris, Inggris Raya, dan Britania Raya?

Istilah Inggris (England) dan Britania Raya (Great Britain) kerap digunakan untuk merujuk negara Inggris yang terletak di Eropa Barat. Selain itu, ada pula sebutan Inggris Raya (United Kingdom).

Inggris

Inggris atau England merupakan salah satu negara bagian di Inggris Raya. Status wilayah ini sama dengan Wales, dan Skotlandia.

Baca Juga  Seorang Pria Jepang Nekat Bakar Diri, Aksi Protes Pemakaman Kenegaraan untuk Shinzo Abe

Namun, banyak pihak keliru menganggap Inggris identik dengan negara Inggris Raya.

Britannica melaporkan Inggris tak secara resmi memiliki pemerintahan atau politik sendiri, sebagaimana Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Inggris merupakan negara bagian terbesar di Inggris Raya secara luas wilayah dan jumlah penduduk.

Negara bagian ini juga punya peran penting dalam pembentukan Inggris Raya. Salah satunya pada awal abad ke-19, Inggris menjadi pusat revolusi Industri di seluruh dunia.

Britania Raya

Britania Raya merupakan sebutan yang merujuk pada wilayah geografis, bukan suatu negara.

Britania Raya mencakup wilayah Inggris, Skotlandia, dan Wales. Pulau ini disebut merupakan pulau terluas kesembilan di dunia, dengan luas 209.331 km persegi.

Baca Juga  Mike Tyson : Juara Dunia Kelas Berat di Usia 20 Tahun, Habiskan Rp 14 Miliar untuk Rehabilitasi

Inggris Raya

Inggris Raya adalah yang biasa dikenal sebagai United Kingdom.

Negara ini meliputi Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Singkatnya, Inggris Raya atau United Kingdom adalah negara berdaulat yang wilayahnya terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Sementara itu, Britania Raya merupakan daratan besar di Kepulauan Inggris yang wilayahnya mencakup Inggris, Wales, hingga Skotlandia. Sedangkan Inggris sendiri adalah salah satu bagian atau negara konstituen dari Inggris Raya atau United Kingdom. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan