Senin, April 15, 2024

Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Terburuk dalam Keamanan Cyber

Indonesiadaily.net – Melansir dari hasil riset yang dilakukan Reboot Digital PR Service yang berbasis di Inggris, Indonesia dinilai sebagai negara dengan index keamanan cyber terburuk di Asia dan Dunia. 

Mereka menganalisis statistik keamanan siber, termasuk unduhan drive-by, situs phishing, situs hosting malware, dan komputer yang disusupi untuk membuat skor indeks bahaya siber.

Indonesia menduduki peringat pertama dengan skor 82,8 dari 100. Reboot mendapati ada sebanyak 643 komputer yang terinfeksi virus, 1.080 situs phising dan 1.040 situs mengandung malware.

Kendati dianggap menjadi negara dengan keamanan cyber terburuk tidak mengurangi daya tarik Indonesia sebagai tujuan para turis asing untuk bekerja dari jarak jauh. Bahkan untuk mempermudah mereka, pemerintah mengeluarkan visa digital nomad.

Baca Juga  Badan Cepat Lelah, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Setelah Indonesia, ada negara Siprus yang menduduki peringkat ke-2 dalam hal indeks keamanan terburuk. Skor yang diraihnya tidak berbeda dari Indonesia.

Malaysia berada di urutan ketiga dengan skor 79,9 dari 100. Paling mengejutkan adalah Singapura yang berada di urutan keenam dengan skor 75,9 dari 100.

Selama ini banyak yang mengira Singapura adalah negara maju dengan tingkat keamanan cyber yang terbaik sehingga jadi pilihan orang-orang seluruh dunia untuk bekerja secara online. Ternyata dalam laporan Reboot Digital PR Service, Singapura masuk 10 besar negara dengan keamanan cyber terburuk di asia dengan memiliki 780 situs phising, 2160 situs mengandung malware dan 204 kompter terinveksi virus.

Baca Juga  Kanker Serviks Peringkat Kedua Paling Berisiko Bagi Wanita

Menurut Reboot Digital PR Service, Korea Selatan menjadi negara yang paling aman di Asia dalam hal keamanan cyber. Negeri Gingseng punya skor bahaya 19,8 dari 100. Diikuti oleh Jepang (21,8/100) dan Libanon (29,3/100).

Berikut ini daftar 10 negara dengan keamanan cyber terburuk versi Reboot Digital PR Service

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles