Kamis, Mei 30, 2024

Ilmuwan China Membuat Laser yang Bisa Membakas Udara Jadi Sebuah Tulisan

Indonesiadaily.net – Sekelompok ilmuwan di Hongtuo Joint Laboratory, Wuhan, China berhasil membuat laser yang sangat kuat. Saking kuatnya laser itu dapat digunakan dalam sebuah pena untuk membuat tulisan di udara.

Hal itu karena, kekuatan laser tersebut bisa membuat udara terbakar, sampai bisa diubah dengan berbagai bentuk khusus, termasuk karakter atau huruf.

Dalam penggunaannya laser memang mampu melakukam berbagai ilusi atau perubahan bentuk. Tetapi, tetap membutuhkan debu atau asap sebagai medium.

Futurism menyebutkan, keberadaan pena laser itu sangat menarik. Pasalnya kemampuan yang unik tersebut dapat menjadi landasan bagi teknologi hologram ala “Star Wars”.

Selain itu pena laser itu suatu hari nanti bisa digunakan untuk berbagai teknologi canggih, seperti komputasi kuantum dan pencitraan otak. Termasuk beberapa teknologi holografik baru yang mengagumkan.

Baca Juga  Perjanjian Damai Indonesia-GAM Dianggap Bisa Jadi Model Penyelesaian Konflik Global

Laser berkekuatan tinggi itu disebutkan South China Morning Post bekerja dengan cara melepaskan elektron dari partikel udara. Setelahnya laser mengubah elektron menjadi plasma pemancar cahaya dengan presisi yang cukup untuk membentuk kata-kata di udara.

“Dengan perangkat baru, kita dapat menggambar di udara tanpa menggunakan kertas dan tinta,” kata ilmuwan dari Hongtuo Joint Laboratory, Cao Xiangdong.

Pena dilaporkan bekerja dalam ledakan laser yang sangat singkat, setara dengan hanya beberapa kuadriliun detik. Pada saat yang sama, output dayanya hampir tidak dapat dipahami. Pena laser dapat mencapai satu juta megawat, yang diperkirakan setara dengan total daya yang dapat dihasilkan Amerika Serikat.

Namun, karena ledakannya sangat singkat dan tidak menarik daya dalam jumlah besar, pena laser itu relatif aman untuk digunakan. Cao Xiangdong percaya, teknologi yang mereka kembangkan memiliki ruang untuk perbaikan.

Baca Juga  Ternyata Ukraina Pakai Drone dari Israel Melawan Rusia

Menurutnya kontrol yang lebih tepat dari distribusi pulsa laser akan memungkinkan mereka untuk membuat gambar penuh warna yang lebih cerah dan lebih besar di udara.

Dia berharap bahwa suatu hari teknologi ini akan memiliki penggunaan praktis di bidang-bidang seperti manufaktur presisi tinggi, pencitraan otak, instrumen medis, dan komputasi kuantum. (*)

 

Editor : Fenilya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles