Senin, April 15, 2024

Healing Gratis, Inilah Tujuh Rekomendasi Taman yang Ramah Anak di Jakarta

 

Indonesiadaily.net -Ada banyak taman kota di Jakarta yang telah dilengkapi fasilitas area bermain yang ramah anak. Orang tua bisa mengajak anak-anak mereka ke taman kota sebagai opsi kegiatan wisata libur sekolah yang simpel dan ramah kantong. Berikut ini rekomendasi taman kota yang indah di Jakarta yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata ramah anak.

1. Tebet Eco Park

Saat menyusuri taman, Anda tidak bakal menduga kalau taman dengan suasana teduh dan sejuk ini berada di tengah-tengah kota. Taman yang dinobatkan sebagai Design of The Year 2023 oleh penghargaan bergengsi President’s Design Award Singapore ini terbagi menjadi 8 zona yang bisa dijelajahi.

Mulai dari Community Garden, Community Lawn, Children’s Playground, Plaza Area, Thematic Garden, Wetland Boardwalk, Forest Buffer, dan yang paling ikonik dan keren adalah Infinity Link Bridge, jembatan berbentuk angka 8 yang menghubungkan Taman Selatan dan Taman Utara.  Selain punya banyak sudut yang Instragamable, di sini bisa santai, nongkrong, sampai olahraga.

Taman di bilangan Tebet, Jakarta Selatan ini bisa dimasuki secara gratis. Anda hanya perlu menjadwalkan kedatangan lewat aplikasi JAKI, sebab ada pembatasan kuota biar pengunjung lebih nyaman selama beraktivitas di area taman. Lokasinya di JalanTebet Barat Raya, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan

2. Tribeca Park

Salah satu taman di Jakarta ini berlokasi di kawasan Mall Central Park. Jadi, pengunjung yang bosan setelah nge-mal seharian bisa menikmati kawasan terbuka hijau di sini. Tribeca Park memiliki penataan lampu, rumput, pohon, kolam ikan koi, serta tempat duduk yang  ditata secara rapi dan harmonis. Di sekitar taman juga disediakan gerai-gerai makanan dan minuman yang bisa dicipi.

Baca Juga  3 Tempat Wisata di Purwakarta, Rasakan Sensasi Hotel Menggantung 500 Meter

Pada momen-momen spesial seperti bulan Ramadan, Natal, dan tahun baru, biasanya taman ini dihiasi sesuai tema musim yang sedang berlangsung, dan berbagai acara kerap diselenggarakan di sini. Lokasinya diLetjen S. Parman, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

3. Taman Puring

Saat musim libur sekolah seperti saat ini, Taman Puring bisa menjadi tujuan wisata murah meriah bersama anak-anak. Pasalnya, taman kota di daerah Kebayoran Baru ini memiliki sejumlah fasilitas bermain anak yang lengkap, sekaligus menjadi wahana melatih motorik anak.

Sebut saja mulai dari wall climbing, cargo net climbing, perosotan, rocking elephant,ayunan, sampai trek jalan di atas yang dipagar. Selain fasilitas ramah anak, tersedia pula jogging track, arena skatepark, dan
kolam dengan air mancur di area taman yang dipenuhi nuansa hijau nan rindang ini.
Lokasinya di Jalan Kyai Maja, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

4. Taman Literasi Martha Tiahahu

Taman di kawasan Blok M ini kerap difungsikan sebagai titik temu bagi komunitas pecinta literatur dan seni, khususnya di wilayah Jakarta. Sesuai dengan namanya, Taman Literasi Martha Tiahahu menyediakan ratusan koleksi buku yang bisa dibaca di perpustakaan, termasuk ruang baca dan diskusi yang dilengkapi pendingin ruangan. Biasanya, banyak anak muda yang nongkrong sama teman-teman atau sekadar membaca buku di taman ini saat akhir pekan.

Baca Juga  Rekomendasi Tontonan Akhir Pekan, Ini Tiga Drama Korea Bertema Kerajaan yang Dapat Rating Tinggi

Taman ini juga dilengkapi dengan kolam besar, air mancur, plaza anak, area amphitheater, healing garden, kedai kopi, toko buku, ruang literasi anak, paviliun literasi di lantai dua, hingga fasilitas penunjang seperti musala, tempat parkir, dan toilet. Berbeda dengan desain taman kota lainnya, Taman Literasi Martha Tiahahu dibuat dengan asitektur dan lansekap berbentuk lingkaran. Lokasinya di Jalan Sisingamangaraja, Melawai, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

5. Taman Cattleya

Di taman kota ini Anda akan menemukan aneka ragam tanaman hias, bunga-bungaan, dan pepohonan hijau yang tumbuh subur.

Taman Cattleya juga dilengkapi dengan jogging track, area bermain anak, jalan setapak, kursi, dan danau buatan. Namun, paling seru adalah fasilitas air mancur yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Suasana taman yang asri dan tenang membuat waktu rekreasi bersama orang-orang tersayang jadi semakin menyenangkan. Lokasinya di Jalan anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Jakarta Barat.

6. Taman Suropati

Terletak di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Taman Suropati merupakan taman yang cocok untuk dikunjungi saat ingin mencari udara segar di tengah tingginya polusi udara ibu kota. Taman ini memiliki banyak pepohonan besar dan satu kolam air mancur sehingga terasa lebih rindang dan sejuk.

Baca Juga  Tak Hanya Orang Dewasa, Hipertensi Juga Terjadi Pada Anak, Seperti Apa?

Anda pun bisa memberi makan sekawanan burung merpati yang memang bersarang di sekitar taman ini. Selain itu, Taman Suropati dilengkapi oleh fasilitas yang lengkap, mulai dari kursi taman, jogging track, WiFi spot,musala, bus stop TransJakarta, hingga jajanan kuliner yang mangkal di sekitar luar taman.  Lokasinya di Jalan Taman Suropati, Menteng, Kec. Menteng, Jakarta Pusat.

7. Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) menjadi tujuan rekreasi kekinian yang menarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Di area seluas 4,6 hektare ini, Anda bisa bersantai di ruang terbuka hijau sambil menikmati pemandangan gedung-gedung tinggi di tengah kota.

Hamparan rerumputan hijau membentang di sepanjang Hutan Kota GBK, ditambah sebuah kolam di tengahnya, sementara pepohonan rimbun terletak di sekeliling pinggir taman. Bisa dibilang, suasananya mirip sama Central Park yang ikonik di New York, AS. Hutan Kota GBK bisa diakses lewat Pintu 7 atau Pintu 6 GBK. Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman, Gelora, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat.(*)

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles