Senin, April 15, 2024

Harga Makanan di Bandara Kok Mahal? Ini Alasannya

 

Indonesiadaily.net – Sudah menjadi rahasia umum, jika membeli makanan atau minuman di bandara, siap-siap merogoh kocek lebih dalam. Harga yang lebih mahal itu tentu bukan tanpa penyebab.
Lalu, apa alasan harga makanan dan minuman di bandara lebih mahal dari di tempat-tempat umum lainnya. Berikut alasan kenapa harga makanan di bandara lebih mahal, seperti dikutip dari situs konsultasi bisnis danpeer-to-peer (P2P) lending.

1. Biaya sewa di bandara mahal

Gerai yang beroperasi di area bandara mesti membayar sewa bulanan yang sangat tinggi. Harga sewanya tergantung dari kebijakan masing-masing bandara. Biaya sewa tersebut biasanya belum termasuk pengeluaran untuk pembangunan gerai, tagihan listrik, dan yang lainnya.
Penyewa gerai pun akhirnya harus menaikkan harga makanan dan minuman, karena biaya sewa yang mahal. Kebijakan tersebut demi menutupi biaya operasional yang bengkak.

Baca Juga  Bukan Carolina Reaper,  Ini Dia Cabai Terpedas di Dunia

2. Pasar khusus

Sebagai tempat dengan zona keamanan tinggi, penumpang tidak dapat membawa makanan dan minuman sembarangan ke bandara. Karena kondisi itu, penumpang pun terpaksa memilih membeli makanan atau minuman di bandara.

Penyewa gerai pun bisa membebankan biaya lebih kepada para pengunjung bandara karena adanya keterbatasan tersebut. Sebenarnya, tempat makan di bandara menargetkan orang-orang dalam perjalanan transit dan pelancong yyang mengalami keterlambatan penerbangan.

3. Berbagi keuntungan dengan pihak bandara

Gerai di area bandara juga biasanya memiliki kesepakatan untuk profit sharing atau bagi hasil keuntungan. Sebagai bisnis yang high-risk dan fluktuatif, bisnis penerbangan menerapkan kebijakan itu.

Jadi, selain pemasukan dari aktivitas penerbangan, bandara juga fokus ke pemasukan lain. Salah satunya adalah dengan mengandalkan pemasukan
dari profit sharing dengan penyewa tempat di bandara. Alasan ini membuat penyewa gerai menjual makanan dan minuman mereka lebih mahal.(*)

Baca Juga  Begini Cara Alami Siasati Kekurangan Berat Badan

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles