Kamis, Juli 18, 2024

Harga Kebutuhan Pokok di Depok Mengalami Kenaikan Harga

Indonesiadaily.net – Pasca Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023, sejumlah sejumlah komoditas kebutuhan pokok di pasar tradisional Depok mengalami kenaikan harga. Kenaikan terjadi di komoditas seperti cabai, bawang putih, bawang bombay dan sayuran hijau.

“Bawang bombai, bawang putih kating, cabai rawit, sayuran hijau naik semua,” kata Eka di Pasar Agung, Depok, Minggu (28/5/2023).

Sementara  harga cabai saat ini mengalami kenaikan hingga Rp 10.000 per kilogram. Semula harga cabai hanya Rp 30.000 – 40.000per kilogram. Kini harganya tembus hingga Rp 50.000.

“Cabai biasanya Rp 30.000-40.000, ini kan sudah Rp 50.000. Naik sejak seminggu lalu. Dari habis lebaran juga naik,” ungkapnya.

Kenaikan harga komoditas tersebut membuat daya beli turun. Pasalnya banyak pembeli yang mengurangi jumlah pembelian atau malah tidak membeli sama sekali. Omzet yang didapat Eka merosot hingga lebih dari 50 persen.

Baca Juga  Warga Blok A Jatijajar Depok Kurban 8 Sapi dan 24 Kambing, penerima Antre sambil Bersalawat

“Omzet turun banget, banyak lebih dari 50 persen. Apalagi kalau bocah sekolah udah masuk aduh udah sepi aja. Peminatnya kurang,” papar Eka.

Dia tidak tahu penyebab kenaikan harga komoditas tersebut. Diduga karena faktor cuaca atau dari petani yang belum siap panen namun permintaan di pasaran tinggi.

“Penyebabnya mungkin dari cuaca atau dari petani belum panen,” ucap Eka. (*)


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles