Kamis, Juli 25, 2024

Hadiri BAZNAS AWARD 2023, Wapres Meriahkan Tarhib Ramadhan 2023 dengan Menulis Al-Quran

Indonesiadaily.net – Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menghadiri acara BAZNAS AWARD 2023 dalam rangka HUT BAZNAS KE-22 di Puri Agung Hotel Sahid Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Dalam acara tersebut, Wapres Ma’ruf Amin juga berpartisipasi dalam Program Menulis Al-Qur’an sebagai Tarhib menyambut Ramadhan 2023. Wapres menuliskan ayat-ayat dalam surah terakhir Al-Qur`an.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, ibarat makhluk hidup BAZNAS memerlukan ekosistem yang baik.

“Dengan BAZNAS AWARD penghimpunan, pengelolaan dan penyaluran kebermanfaatan zakat diharapkan semakin meningkat,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin juga menekankan bahwa semua aktivitas zakat sudah seharusnya dikelola secara profesional dan amanah.

BAZNAS, ujarnya, sebagai lembaga pengelola zakat nasional sudah seharusnya berperan aktif dalam mengoptimalkan ekosistem dan pengelolaan zakat secara nasional.

Baca Juga  21 Mei Hari Bersejarah Indonesia Menuju Demokrasi, Pengunduran Diri Presiden Soeharto

“Jadikan BAZNAS AWARD ini sebagai bagian memperkuat pondasi ekosistem zakat nasional, karena penerima BAZNAS AWARD tidak lain adalah unsur dan komponen utama pendukung zakat,” katanya.

Wapres Ma’ruf Amin juga berpesan agar BAZNAS mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan masing-masing komponen ekosistem zakat dan stakeholder lainnya guna penguatan pengelolaan zakat nasional.

“Pemerintah sudah berkomitmen dengan mendorong pelaksana zakat melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS),” tambah Wapres Ma’ruf Amin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A, menyampaikan, BAZNAS AWARD adalah upaya untuk mengapresiasi aktivitas perzakatan yang ada di Indonesia.

Noor mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang telah ikut mensosialisasikan zakat ke berbagai daerah dan berbagai tempat, sehingga menghasilkan peningkatan zakat 30 hingga 35 persen.

Baca Juga  Stok Gas Elpiji di Banyuwangi Aman Tapi Langka, Kok Bisa?

Noor juga menjelaskan bahwa untuk tahun ini, BAZNAS mengusung tagline “Berkah Berzakat, Terima Kasih Muzaki dan Terima Kasih Mustahik”.

“Karena ternyata selama pandemi Covid-19 kita bisa memberikan bantuan kepada masyarakat. Itulah yang kami sebut sebagai berkah zakat,” ujarnya.

Menurut Noor, selama pandemi COVID-19, peningkatan masyarakat berinfak dan bersedekah begitu luar biasa, sehingga angkanya melebihi 40 persen, dan kebanyakan dari kalangan anak-anak muda.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para muzaki di seluruh Indonesia. Zakat, infak, dan sedekah mereka dinantikan oleh masyarakat yang membutuhkan. Jika kita bersama-sama meningkatkan zakat, kita bisa mengentaskan kemiskinan ekstrem di Indonesia,” pungkasnya.

Hadir dalam acara BAZNAS AWARD 2023, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Ketua BPKH Fadlul Imansyah, Sesmenko Polhukam Letjen (TNI) Teguh Pudjo Rumekso, Rais Am PBNU KH Miftahul Akhyar, KH Said Aqil Siradj, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta para penerima anugerah BAZNAS AWARD 2023 lainnya.

Baca Juga  Buyback Saham BBRI Dilakukan Sampai Agustus 2023 

Kegiatan BAZNAS AWARD 2023 diselenggarakan dalam rangka HUT BAZNAS KE-22. Untuk tahun ini, ada 272 pihak yang menerima anugerah BAZNAS AWARD dengan berbagai kategori.

Bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan BAZNAS juga menyelenggarakan Tarhib Ramadhan dengan program Menulis Al-Qur`an yang melibatkan 1000 Amil, 1000 Muzaki, dan 1000 Mustahik di seluruh Indonesia, yang telah dimulai sejak hari Jumat (10/3/2023) di seluruh Indonesia. (*)

 

Jurnalis: Gibran

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan