Guru TK di Kudus Ciptakan Mesin Mirip ATM

Indonesiadaily.net – Seorang guru Raudhatul Athfal (TK Islam) Nur Laela Nuszulfa (26) di Kudus, Jawa Tengah, berhasil menciptakan sebuah robot yang berfungsi menyimpan atau mengambil uang mirip mesin ATM.

Guru tersebut juga sekaligus menciptakan kartu khusus yang didesain untuk anak-anak. Robot mirip mesin ATM tersebut dinamai MR Galaksi yang merupakan kepanjangan dari Mesin Robot Gemar Beramal Sejak Dini.

Untuk mengakses mesin ATM tersebut, anak-anak RA cukup memasukkan kartu dan menekan pin 123. Mereka bisa memasukkan atau mengambil uang dari mesin ATM yang didesain lucu, mirip robot yang memiliki kepala, mata, tangan dan kaki.

Uniknya, robot mesin ATM ciptaan Nur Laela itu bisa dibawa ke mana-mana alias portable.

Nur Laela mengatakan, robot mirip mesin ATM MR Galaxy ciptaannya itu sangat diminati anak-anak didiknya. Mereka antusias memasukkan uang saku ke mesin ATM tesebut.

Baca Juga  Porseni SDIP Attoyibah Depok untuk Wadah Siswa Berprestasi

Perempuan yang akrab disapa Bu Lala itu pun merasa bahagia bahwa mesin ATM ciptaannya itu diminati anak-anak didiknya. Rasa lelah membuat robot mesin ATM itu pun terbayarkan setelah melihat anak-anak tersenyum sambil menabung uang di mesin tersebut.

Bu Lala mengaku robot mesin ATM ciptaannya itu terinsiprasi dari mesin ATM milik bank yang bisa dipakai untuk menyimpan dan menarik uang.

Ia pun mencoba membuat robot mesin ATM yang sederhana, yakni dari bahan kardus bekas. Ia memotong kardus bekas itu menjadi beberapa kotak. Kemudian kardus itu dilapisi kertas warna-warni supaya menarik bagi anak-anak.

Sementara itu, untuk mesin menarik dan menyimpan uang, Bu Lala menggunakan dinamo kecil dan dirakit dengan rangkaian kabel. Ia merakit dinamo yang mampu memasukkan dan menarik itu itu belajar dari YouTube

Baca Juga  Pendampingan Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Guru oleh Dosen FT UPNVJ

“Di dalam robot tersebut ada mesin-mesin yang saya buat dengan berpanduan pada YouTube,” kata Bu Lala.

“Ada dinamo kecil dan rangkaian kabel-kabel yang telah dirakit sedemikian rupa, hingga mesin dapat menarik dan mengeluarkan uang dengan menggunakan batu batere sebagai sumber energinya,” lanjutnya.

Ia mengatakan, proses menciptakan robot mesin ATM ini membutuhkan waktu tujuh hari, dan dilakukan pada malam hari di rumah sehingga tidak mengganggu aktivitas mengajar di RA Banat.

Inovasi robot mesin ATM ini membawa Bu Lala meraih juara 1 dalam ajang Apresiasi Guru Raudlatul Athfal Indonesia (Apgurindo) yang digelar Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Jawa Tengah, beberapa pekan lalu.

“Saya sangat senang karena apa yang sudah saya buat dapat digunakan oleh anak-anak sebagai media pembelajaran namun juga tidak menghilangkan esensi bermain yang menjadi kebutuhannya. Adanya MR Galaksi dapat menumbuhkan minat anak untuk berinfaq dengan cara seperti memasukkan uang ke dalam mesin ATM,” jelasnya.

Baca Juga  Jelang HUT, PGRI Kota Depok Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata

Editor : Nur Komalasari

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *