Kamis, Mei 30, 2024

Fakta Kenapa Indomaret dan Alfamart Kerap Berdekatan?

Indonesiadaily.net – Kenapa Indomaret dan Alfamart lokasinya kerap berdekatan?

Jika dilihat secara seksama di mana ada Indomaret pasti ada Alfamart. Keduanya seperti tak bisa dipisahkan begitu saja dengan persaingan yang ketat.

Selain lokasi yang bedekatan, hal menarik lainnya adalah seberapa banyak harta pemilik Indomaret dan Alfamart. Berikut adalah fakta mengenai Indomaret dan Alfamart, Minggu 28 Agustus 2022.

  1. Pemilik Indomaret Anthony Salim vs Pemilik Alfamart Djoko Susanto

Berdasarkan data Forbes real time billionaires, harta Anthony Salim mencapai USD8,5 miliar atau setara Rp125,8 triliun (kurs Rp14.800)

Sementara itu, menurut data Forbes real time billionaires, kekayaaan Djoko Susanto mencapai USD3,1 miliar atau Rp45,8 triliun. Djoko Susanto adalah pendiri Alfamart yang memiliki lebih dari 16.000 toko di seluruh Indonesia

  1. Menarik Pasar Lebih Luas
Baca Juga  Pembakar Alquran di Swedia Takut, Dapat Ancaman Dibunuh

Strategi marketing menjadi alasan utama di balik ‘fenomena’ ini. Kedua gerai tentu retail memiliki tujuan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Sehingga keduanya memilih lokasi dengan konsep teori lokasi industri, yakni Hotelling Theory. Hotelling Theory merupakan teori yang menjelaskan dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan untuk menguasai pasar seluas-luasnya.

Teori ini memiliki fokus pada pemilihan lokasi dengan presentasi keuntungannya sudah pasti 50:50 yang selanjutnya akan diserahkan kepada selera konsumen.

  1. Hemat Dana Riset

Alasan lain lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan juga tak lain tak bukan untuk menghemat dana riset. Diketahui, jika salah satu gerai dibangun di lokasi tertentu, maka dapat dipastikan potensi pasarnya sudah bagus dan lolos uji kelayakan bisnis. Hal ini memang menjadi salah satu rumus membangun gerai baru di kalangan usaha waralaba atau retail minimarket.

  1. Memiliki Berbeda Keunggulan
Baca Juga  Usai Raih Kemenangan Sempurna, Shin Tae Young Cari Lawan yang Lebih Sulit untuk Indonesia

Di mata konsumen, Indomaret dan Alfamart mungkin tampak selayaknya saudara kandung yang memiliki banyak persamaan. Akan tetapi, keduanya memiliki keunggulan masing-masing, seperti mengusung keunggulan dari segi harga lebih murah, kapasitas toko lebih luas, pelayanan lebih ramah atau kenyamanan suasana. (*)

 

Editor : Pebri Mulyapp


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles