Senin, April 15, 2024

Enam Kelompok Orang yang Tak Boleh Konsumsi Jahe, Dampaknya Bisa Bahaya

Indonesiadaily.net –  Jahe adalah tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh, seperti mengatasi gangguan pencernaan serta meredakan nyeri menstruasi, otot, dan sendi,  menurunkan berat badan, kadar gula darah, dan kolesterol. Namun, terdapat sejumlah kelompok orang yang tidak dianjurkan mengkonsumsi jahe karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
Lantas, siapa saja kelompok orang tersebut, dan apa saja efeknya?

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut enam kelompok orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi jahe antara lain.

1. Penderita hemofilia

Dilansir dari WellandGood, sebaiknya hindari konsumsi jahe bagi seseorang yang menderita hemofilia atau kondisi darah tidak bisa membeku dengan baik.
Hal itu karena jahe memiliki sifat antikoagulan atau pengencer darah, sehingga dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Baca Juga  Segera ke Dokter! Ini Tanda Sakit Kepala yang Kamu Derita Perlu Penangan Serius

2. Ibu hamil sebelum melahirkan

Dikutip dari WebMD, ibu hamil menjelang tanggal persalinan, sebaiknya tidak mengonsumsi jahe. Hal tersebut dikarenakan jahe dapat meningkatkan kemungkinan risiko pendarahan, terutama saat melahirkan.

3. Seseorang yang akan menjalani operasi

Bagi seseorang yang akan menjalani operasi atau pembedahan, sebaiknya tidak mengonsumsi jahe. Sebab konsumsi jahe dapat memperlambat pembekuan darah yang kemudian mengalami pendarahan.

Sebaiknya, hentikan penggunaan jahe setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi.

4. Seseorang yang mengonsumsi obat pengencer darah

Diketahui, jahe dapat memperlambat pembekuan darah. Sehingga sebaiknya tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat pengencer atau perlambat pembekuan darah. Jika kombinasi tersebut dikonsumsi, dilansir dari MountSinai, maka seseorang bisa mengalami peningkatan risiko pendarahan.

Baca Juga  Lima Jamu Tradisional Ini Bisa Bantu Dapatkan Tubuh Ideal Loh, Apa Saja ya?

5. Seseorang yang mengonsumsi obat diabetes

Bagi seseorang yang sedang meminum obat diabetes atau kencing manis, sebaiknya tidak mengonsumsi jahe. Jahe dapat menurunkan gula darah yang membuat terjadinya peningkatan risiko terjadinya hipoglikemia atau gula darah rendah.

6. Seseorang yang mengonsumsi obat hipertensi

Untuk seseorang yang tengah rutin minum minum obat hipertensi atau penurun tekanan darah, maka sebaiknya tidak mengonsumsi jahe. Diketahui, jahe dapat memicu terjadinya penurunan tekanan darah seseorang. Sehingga dapat meningkatkan risiko tekanan darah rendah atau detak jantung tidak teratur.(*)

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles