Minggu, April 14, 2024

Ditembak Saat Pidato, Abe Shinzo Terkonfirmasi Meninggal Dunia

Indonesiadaily.net – Mantan Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo terkonfirmasi meninggal dunia, setelah sempat dirawat di rumah sakit akibat menjadi sasaran penembakan.

“Partai Liberal Demokratik Jepang, organisasi politik tempat Shinzo Abe bernaung, mengonfirmasi kematian sang politikus.

“Partai Liberal Demokratik secara resmi mengumumkan Shinzo Abe meninggal dunia. Abe ditembak saat memberikan pidato di kota sebelah barat Nara,” demikian diberitakan NHK.

Reporter NHK melaporkan, Shinzo Abe ditembak ketika memberikan pidato kepada pendukungnya, Jumat 8 Juli 2022, sekitar pukul 11.30 siang.

Sementara aparat kepolisian mengatakan, sudah menangkap pelaku penembakan. Pelaku adalah lelaki berusia 41 tahun.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan, pelaku adalah mantan anggota angkatan laut Jepang.

Baca Juga  4 Poin Kerjasama Jokowi dan Marcos Jr yang Pertamakali Dinas ke Indonesia

“Pelaku keluar dari Tentara Beladiri Jepang pada tahun 2005.”

Pelaku belakangan diketahui bernama Yamagami Tetsuya.

Setelah melepaskan tembakan ke arah Abe, petugas langsung meringkus Tetsuya di lokasi kejadian. Pelaku penembakan itu sendiri tidak berusaha melarikan diri dari tempat kejadian.

Berdasarkan laporan media NHK, Tetsuya tinggal di kota Nara, tempat penembakan Abe terjadi. Sumber pertahanan mengatakan tersangka bekerja untuk Pasukan Bela Diri Maritim selama tiga tahun hingga sekitar tahun 2005.

Polisi mengungkap pengakuan Tetsuya kepada penyelidik, di mana ia mengaku dirinya tidak puas dengan pemerintahan mantan perdana menteri Jepang itu. Bahkan, pelaku juga mengaku memang berniat membunuh Abe.

Sumber investigasi mengatakan bahwa senjata yang disita di tempat kejadian tampaknya merupakan buah rakitan tangan Tetsuya. Senjata itu yang diduga dipakai untuk menembak sosok perdana menteri terlama di Jepang itu.

Baca Juga  Pernikahan Via Vallen akan Digelar Lima Hari Berturut-turut

Video yang diambil oleh reporter NHK turut menunjukkan detik-detik penembakan. Tampak petugas keamanan acara acara menangkap seseorang.

Kondisi Abe sendiri terakhir dikabarkan sedang kritis. Ia mengalami pendaharan dan henti jantung. Pejabat darurat mengatakan Abe tampaknya tidak memiliki tanda-tanda kehidupan.

Polisi mengatakan bahwa mantan perdana menteri tampaknya telah ditembak di sekitar dada dan lehernya. Abe juga terlihat ditembak dari belakang oleh pelaku.

Sebagai informasi, Abe berada di kota itu untuk mendukung seorang kandidat dalam pemilihan Majelis Tinggi akhir pekan ini.

Sumber: Suara.com


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles