Kamis, Juli 18, 2024

Dikenal Negara Muslim Tertua di Afrika, Ini Sederet Fakta Unik Maroko

Indonesiadaily.net – Maroko merupakan salah satu negara yang mempunyai penduduk mayoritas muslim di dunia. Sekitar 98,7 persen dari total populasi penduduk negara tersebut menganut agama Islam. Mengutip detikEdu, Maroko merupakan negara muslim tertua ketujuh di benua Afrika dan berbatasan dengan Aljazair di timur dan tenggara, Sahara Barat di selatan dan barat daya, Mauritania di barat dan barat laut, serta Laut Mediterania di utara.  Selain sektor perekonomian yang maju, berikut fakta-fakta unik dari negara ini.

1. Sebanyak 99 persen populasi di Maroko ialah Muslim Sunni

Menurut laporan pemerintah Amerika Serikat pada tahun 2021 bahwa lebih dari 99 persen populasi yang ada di Maroko ialah Muslim Sunni. Kemudian kurang dari 0,1 persen populasinya merupakan Muslim Syiah. Sementara itu, kurang dari 1 persen dari 38 juta penduduk Maroko ialah Kristen, Baha’i, serta Yahudi.

Baca Juga  Bisa Dicoba, Ini Dia Rahasia Hidup Bahagia Hidup Finlandia

2.  Memiliki dua bahasa resmi

Melansir CNN Indonesia, Maroko pun mempunyai dua bahasa resmi yakni bahasa Amazigh dan Arab. Selain itu, ada juga bahasa asing yang juga dominan yaitu bahasa Prancis.

Selain itu, ada juga bahasa Spanyol yang sering digunakan di provinsi Selatan maupun utara. Bahasa Inggris pun juga cukup banyak digunakan di sana.

3. Merayakan tiga tahun baru

Uniknya, Maroko selalu merayakan tiga tahun baru yang berbeda dalam setahun penuh. Pertama, tahun baru yang jatuh setiap tanggal 1 Januari.

Lalu, tahun baru Islam, Higgrea, di mana ini selalu dirayakan setiap hari pertama bulan Muharram. Ini juga sama dengan tahun baru Islam di Indonesia maupun negara-negara yang mayoritasnya berpenduduk Islam.

Baca Juga  Makan Mi Instan Setiap Hari? Ini Sederet Efek Sampingnya

Ketiga, tahun baru Amazigh yang dirayakan pada hari pertama dalam kalender pertanian. Tahun baru ini digunakan sebagai penanda permulaan musim panen.

Maroko juga dikenal sebagai negara Magribi lantaran Maroko masuk ke wilayah Islam Afrika di luar Mesir yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Dalam bahasa Arab, Magribi berarti barat, di mana istilah ini berasal dari masa ekspansi besar Islam.

5. Arsitektur

Berdasarkan detikTravel, arsitektur Maroko terinspirasi dari Hispano-Moor serta Islam dengan sentuhan latin dari Spanyol. Hal ini terlihat dari banyak arsitektur di kota, masjid yang ikonis, maupun sudut jalan yang penuh warna.

6. Kuliner

Kuliner di Maroko merupakan campuran masakan khas Afrika, Arab, serta Eropa. Kuliner khasnya berupa Couscous, sejenis menu nasi yang disajikan tumisan daging dan sayuran rebus. Selain itu, Maroko juga unggul dalam buah, sayuran segar, jeruk peras, teh mint, kopi, serta zaitun.

Baca Juga  Ini Anjuran yang Benar Takaran Minum Air Putih

7. Resort ski tertinggi di Afrika

Meskipun terletak di benua Afrika, ternyata Maroko memiliki atraksi bermain ski loh. Bahkan Maroko mempunyai resort ski tertinggi di Afrika. Resort ski ini berlokasi di pegunungan Atlas yang bersalju dan sekitar 80 kilometer dari Marrakesh. Tingginya sekitar 2.600 meter di atas permukaan laut.(*)


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles