Dapat Kurangi Rasa Sakit, Penderita Asam Urat Disarankan Pilih Olahraga Ini

Berolahraga menjadi salah satu cara mencegah hipotensi (foto: pixabay)

Indonesiadaily.net –  Ketika penyakit asam urat kambuh, penderitanya akan mengalami persendian yang bengkak. Karena hal itu, banyak kegiatan bisa ditinggalkan penderitanya. Termasuk juga olahraga.

Padahal, penderita penyakit ini sangat disarankan untuk rutin berolahraga. Melansir dari Halodoc, Kamu yang tengah kambuh asam uratnya dapat mengompres area yang membengkak sekitar 20 menit dengan es batu.  Rata-rata, serangan asam urat berlangsung selama sekitar 3 hingga 10 hari.

Mengurangi rasa sakit, menambah rentang gerak, dan mendapatkan energi yang lebih banyak menjadi beberapa manfaat utama berolahraga. Tidak hanya itu, olahraga secara teratur juga membantu kamu mendapatkan berat badan ideal, dan ini penting untuk pengidap asam urat.

Bukan tanpa alasan, kelebihan berat badan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Terlebih, menurunkan berat badan membantu mengurangi rasa sakit pada sendi karena tekanan yang lebih sedikit. Nah, berikut ini pilihan olahraga yang aman dilakukan untuk pengidap asam urat, yaitu:

Baca Juga  Soal Kasus Gagal Ginjal, Dua Perusahaan Bakal Ditindak Pidana

Berenang

Laman Health Central merekomendasikan olahraga renang untuk kamu yang memiliki riwayat asam urat. Olahraga air ini menjadi cara mudah dan baik untuk meningkatkan mobilitas dan fungsi sendi. Ketika kamu bergerak aktif di dalam air, sendi akan mendapatkan sedikit tekanan. Mulailah secara perlahan dan bertahap, tingkatkan waktu yang kamu pakai untuk sekali berenang. Dua kali setiap minggu setiap 15 menit sudah cukup.

Aerobik

Latihan kardiovaskular membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen untuk metabolisme asam dalam tubuh. Selain itu, sebagian besar latihan aerobik membantu memperkuat otot tubuh bagian bawah.

Pilihlah latihan aerobik dengan intensitas rendah, seperti berjalan kaki, naik turun tangga, atau bersepeda. Mulailah dengan 10 menit setiap hari, lalu tambahkan beberapa menit setiap harinya. Pastikan kamu memenuhi waktu intensitas 30 hingga 45 menit sehari, lima hari satu minggu.

Baca Juga  Sejuta Manfaat Nanas, Kaya Nutrisi dan Gizi yang Baik

Latihan Kekuatan

Sementara itu, laman Healthgrades menyarankan untuk melakukan latihan kekuatan sebagai jenis olahraga untuk asam urat. Jika kamu tidak aktif bergerak karena persendian yang membengkak dan nyeri, otot mungkin akan menjadi lemah. Mengangkat beban dan melakukan latihan resistensi akan membantu meningkatkan kekuatan otot. Sekali lagi, mulailah dengan perlahan dan secara bertahap, agar tubuh bisa menyesuaikan dengan aktivitas yang kamu lakukan.

Latihan Fleksibilitas

Latihan ini membantu meningkatkan rentang gerak tubuh kamu. Meningkatkan fleksibilitas membuat latihan lebih mudah, sehingga kamu pun lebih leluasa bergerak. Cobalah untuk melakukan latihan ini selama 15 menit setiap hari. Lakukan perlahan dan hindari memaksakan tubuh melakukannya.(*)

Baca Juga  Nama Dua Vaksin Asli Indonesia Sudah Direstui Jokowi

Editor: Nur Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *