Senin, April 15, 2024

Check Out dari Hotel Sebaiknya Jangan Rapikan Kamar, Ini Faktanya

 

Indonesiadaily.net – Tamu hotel biasanya memiliki kebiasaan masing-masing. Ada tamu yang punya kebiasaan meninggalkan kamar hotel dalam keadaan rapi, ada pula yang membiarkannya berantakan. Tapi, jangan salah, sebenarnya ada tata cara yang sesuai sebelum meninggalkan kamar hotel untuk check out. Pergi dengan kamar hotel dalam keadaan rapi sesungguhnya tidak sepenuhnya benar.

Seperti dikutip dari Business Insider, seorang mantan petugas kebersihan hotel mengungkapkan sebaiknya tamu meninggalkan tempat tidur dalam kondisi berantakan tanpa perlu dirapikan.

Menurutnya, itu tindakan yang tidak perlu, meskipun niat Anda sebenarnya adalah untuk meringankan pekerjaan petugas kebersihan hotel atau housekeeping.
Tamu yang check out dengan meninggalkan tempat tidur dalam keadaan rapi, malah lebih membebani petugas kebersihan ketimbang membiarkannya berantakan.

Baca Juga  Surga Wisata Seru Surabaya Ada di Sini

Justru dengan membiarkan tempat tidur berantakan bisa mempercepat petugas kebersihan kamar hotel mendeteksi bahwa barang-barang tersebut sudah digunakan oleh tamu, sehingga seprai dan sarung bantal dapat diambil.

“Jika Anda sudah tidur di tempat tidur, tidak perlu merapikannya ketika hendak pergi.Sebab, apabila menurut kami Anda belum memakai tempat tidur itu sama sekali, kami tidak boleh mengganti seprai. Jadi, sebaiknya Anda tinggalkan saja tempat tidur dalam kondisi tampak sudah ditiduri,” kata mantan petugas kebersihan kamar hotel di Australia.

Sebab, staf kebersihan hotel malah akan bingung jika melihat tempat tidur sudah rapi sempurna, apakah mereka harus menggantinya atau tidak.

Para petugas kebersihan kamar hotel tidak memiliki banyak waktu untuk merapikan setiap kamar. Mereka hanya diberi waktu kurang dari 30 menit untuk membersihkan setiap kamar hotel.
Ketika melihat tempat tidur rapi sempurna dan handuk yang belum terpakai, para petugas kebersihan hotel biasanya tidak menggantinya dengan yang lebih bersih.

Baca Juga  Intip Destinasi Wisata Alam di Surabaya

“Saat hari-hari sibuk, staf hanya akan menepuk-nepuk bantal dan memakai kembali seprai yang sama, hanya mengganti seprai setiap tiga hingga empat hari,” ungkap Manajer Soprano Villas dan Rome Lofts, Flavio Serreti, seperti dikutip Business Insider.

Selain itu, dia juga membeberkan bahwa sejumlah hotel keberatan dengan biaya pencucian seprai yang mahal apabila dilakukan pencucian setiap hari.

Lalu, apa yang dapat tamu lakukan sebelum check out dari hotel? Yang terpenting adalah periksa dan pastikan semua barang bawaan Anda, jangan sampai tertinggal di hotel.

Untuk membantu para staf kebersihan hotel, Anda bisa mengumpulkan seprai, handuk, sarung bantal, dan selimut dalam satu tumpukan di lantai, sehingga memudahkan untuk dibawa oleh mereka.(*)

Baca Juga  Begini Cara Aman Minum Kopi Agar Tak Picu Asam Lambung

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles