Senin, Juni 17, 2024

Bisa Pecahkan Password, Ini Dia Teknologi PassGAN AI yang Dinilai Membahayakan

 

Indonesiadaily.net – Teknologi yang kian canggih bisa dimanfaatkan untuk hal positif dan negatif. Setelah adanya ChatGPT yang bisa membantu kita dalam berbagai pekerjaan, muncul PassGAN AI yang tak kalah canggih, tapi membahayakan. Artificial intelligence (AI) ini pasalnya bisa pecahkan password atau kata sandi Anda. Bisa bayangkan apa yang akan terjadi jika password orang-orang mudah diketahui hanya dalam hitungan menit? Ini akan mengundang pelaku tindak kejahatan yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Yuk mengenal PassGAN AI lebih lanjut dan bagaimana kita bisa memproteksi data dengan password yang kuat.

PassGAN merupakan AI dengan kemampuan pecahkan password yang dikembangkan oleh peneliti Home Security Heroes. Melansir laman resmi mereka, PassGAN menggunakan Generative Adversarial Network (GAN) untuk mempelajari distribusi kata sandi asli dari kebocoran kata sandi sebenarnya, sehingga menghilangkan kebutuhan analisis kata sandi manual. Peretasan kata sandi semakin cepat dan efisien, tapi juga membahayakan keamanan Anda.

Baca Juga  Siap-Siap! Ini Dia 10 Pekerjaan di Bidang Teknologi Paling Dicari

Menebak kata sandi jadi hal mudah jika kata sandi tersebut mudah diprediksi dan ukuran samplenya berskala kecil. Namun, ketika ukuran sample besar dan terdiri dari susunan password yang kompleks, maka akan mempersulit alat pemecah kode untuk menebaknya.

Mekanisme Generative Adversarial Network (GAN) yang digunakan dalam alat AI ini memiliki neural network (jaringan saraf) yang dirancang untuk mencatat berbagai properti dan struktur dari kebocoran password sebenarnya.

Dari pengetahuan yang diperoleh tersebut, GAN bisa membuat contoh kata sandi sesuai dengan distribusi jaringan saraf.  Jadi, tidak heran jika password yang sederhana akan sangat mudah untuk diretas dalam waktu singkat.

Berdasarkan data yang disajikan Home Security Heroes, PassGAN bisa memecahkan 51% kata sandi umum dalam waktu kurang dari 1 menit, 65% berhasil dipecahkan dalam satu jam, 71% dalam sehari, dan 81% password dipecahkan dalam sebulan.

Baca Juga  Sederet Produk Teknologi Buatan Zionis Israel yang Tanpa Sadar Dipakai Sehari-Hari, Apa Itu?

Ada cara untuk membuat password kuat yang tidak mudah ditebak AI. Bahkan, Home Security Heroes menyebutkan password yang punya lebih dari 18 karakter akan sulit untuk diretas. Butuh waktu 10 bulan untuk password 18 karakter yang hanya mengandung angka, sedangkan 16 triliunan tahun untuk susunan simbol, angka, huruf kecil, dan huruf besar.

Maka dari itu, disarankan untuk membuat password yang kuat dengan kriteria punya minimal 15 karakter, punya minimal 2 huruf yakni huruf besar dan huruf kecil), angka, dan simbol, hindari pola yang terlalu jelas, meskipun dia punya panjang dan tipe karakter yang dibutuhkan.(*)

 

Editor : Nur Komalasari

 

 

 


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles