Jumat, Desember 1, 2023

Berdiri Sejak Ribuan Tahun Sebelum Masehi, Berikut 6 Negara Tertua di Dunia

Indonesiadaiy.net – Selama keberadaan bumi yang berusia miliaran tahun, banyak kerajaan muncul dan juga dinasti atau negara berjatuhan.

Di antara banyak kerajaan, hanya beberapa yang bertahan dan menjadi negara sampai saat ini. Beberapa negara tertua di dunia ini masih ada dan berhasil bertahan dengan tetap terhubung dengan akarnya.

Berikut ini beberapa negara tertua di dunia yang wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

1. San Marino

Dikelilingi oleh Italia, ini adalah salah satu negara terkecil dan tertua di dunia. negara ini didirikan pada 301 Masehi oleh St Marinus. Dia melarikan diri dari kota Rimini di lingkungan itu untuk menghindari penganiayaan agama.

Pada 1630 M, negara ini mendapat kemerdekaan dari paus. Konstitusi San Marino diyakini sebagai yang tertua di dunia. Jika tertarik untuk mengunjungi negara ini, waktu terbaik adalah dari bulan April hingga September.

Baca Juga  Termasuk Kurang Oksigen, Ini 5 Penyebab Massa Otot Tak Bisa Besar

2. Prancis

Negara lain yang masuk dalam daftar negara tertua di dunia adalah Prancis, yang didirikan pada abad ke-5 Masehi. Didirikan ketika Kekaisaran Romawi Suci Charlemagne terpisah dan Raja Clovis naik takhta.

Diyakini bahwa di zaman kuno, raja sering menyalahgunakan kekuatan mereka untuk mendiskriminasi rakyat jelata. Namun, Prancis modern jauh berbeda dari Prancis kuno. Dahulu kala, negara ini mendominasi seluruh Eropa. Itu juga sangat melekat pada budaya dan tradisinya.

3. Iran

Didirikan di bawah Kekaisaran Achaemenid pada 620 sebelum Masehi, Iran juga ada dalam daftar negara tertua di dunia. Selama bertahun-tahun, Iran diperintah oleh berbagai penguasa, tetapi dinasti Achaemenid memerintah paling lama.

Baca Juga  Tiga Parpol Ajukan Sengketa ke Bawaslu, Tapi Dimentahkan

Negara ini sebelumnya dikenal sebagai Persia, yang secara resmi diubah menjadi Iran pada 1930-an. Budaya Persianya dianggap sebagai salah satu budaya paling populer di dunia.

4. Etiopia

Ini adalah negara tertua di Afrika dan didirikan sekitar tahun 980 sebelum Masehi. Fakta yang menarik, negara ini tidak pernah diserang oleh penjajah, tetapi diduduki selama beberapa tahun oleh Mussolini, seorang diktator Italia pada 1930-an.

Ikatan tradisional negara ini kuat dan telah berkembang selama bertahun-tahun. Agama Islam dan Yudaisme dianut di Ethiopia.

5. Cina

Berikutnya dalam daftar adalah Cina yang didirikan pada 2100 sebelum Masehi. Dinasti pertama yang memerintah Cina adalah Dinasti Xia yang dianggap sebagai dinasti paling lama berkuasa.

Pada 2200 SM, Cina modern berkembang dan menjadi salah satu peradaban paling halus di dunia. Bangsa ini juga sangat terikat dengan ikatan budaya yang sudah ada sejak beberapa ratus tahun yang lalu.

Baca Juga  Bharada E Jadi Tersangka Pembunuh Brigadir J, Dijerat Pasal Pembunuhan

6. Mesir

Era Mesir dimulai lebih dari Milenium ke-6 SM. Negara ini didirikan pada 3100 SM. mesir memiliki peradaban paling kuat dan berpengaruh pada masanya.

Hieroglif tulisan Mesir adalah bentuk tulisan tertua dan dasar di dunia yang ditemukan pada 3200 SM. Negara itu pernah diperintah oleh berbagai kerajaan, seperti Kekaisaran Persia dan Kekaisaran Ottoman.

Orang-orang Arab merebut Mesir pada abad ke-9 sampai 10. Meskipun negara ini telah dimodernisasi selama bertahun-tahun, sejarahnya tetap jadi daya tarik negara ini. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Perumda Tirta Kahuripan

Latest Articles