Kamis, Mei 30, 2024

Berani Coba? Ini Tiga Alasan Kopi Efektif Turunkan Berat Badan

Indonesiadaily.netSelama ini kopi lebih banyak dikenal sebagai minuman yang dapat mencegah rasa kantuk. Tapi, ternyata kopi efektif turunkan berat badan loh. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Menurut ahli diet pendiri GetNaked Nutrition, Laura Burak MS, RD, kopi merupakan minuman diet yang bisa menjadi alternatif untuk menekan nafsu makan dan membuat kita merasa lebih kenyang.

“Kopi bisa menjadi tambahan yang bagus bagi kita yang sedang ingin menurunkan berat badan,” terangnya.
dilansir dari laman Eat This Not That yang dikutip dari Kompas.com.

Ia menerangkan lebih lanjut mengenai alasan mengapa kopi efektif turunkan berat badan, ini penjelasannya.

1. Membantu meningkatkan rasa kenyang

Kebiasaan minum kopi setiap hari dapat meningkatkan perasaan kenyang. Hal ini bisa membantu kita menghindari makan berlebihan atau ngemil yang tidak sehat.
“Kopi juga merupakan cairan seperti air, membantu menjaga perut tetap merasa kenyang dan karena itu dapat mencegah kita mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak jika ingin menurunkan berat badan,” jelasnya.

Baca Juga  5 Minuman Ini Bisa Mencegah atau Mengurangi Penyakit Diabetes

2. Kopi memberikan dorongan energi

Kopi mengandung kafein yang dapat mendongkrak energi dan metabolisme tubuh. Burak pun mengungkapkan bahwa kafein yang masuk saat kita bangun tidur bisa memberikan dorongan energi.

“Terutama sebagai seorang ibu, hal ini tentu saja memberi saya energi dan memotivasi saya,” kata Burak.

“Minum kopi juga merupakan bagian dari ritual pagi yang menenangkan. Namun, pastikan kita tetap fokus pada kualitas tidur dan tidak menggunakan kopi sebagai energi buatan,” sarannya.

3. Kopi hitam rendah kalori

Jika kita lebih suka meminum kopi hitam, Burak mengatakan bahwa satu cangkir kopi hitam mengandung kurang dari lima kalori. Jadi, secangkir kopi hitam panas tanpa bahan tambahan mengandung nol gula dan pada dasarnya tidak mengandung kalori, yang menjadikannya kopi efektif turunkan berat badan. Tentu saja, gula tambahan dan susu atau krimer mungkin akan menambahkan kenikmatan kopi, tapi itu semua bisa sangat mengganggu proses penurunan berat badan.

Baca Juga  Jangan Gagal Diet, Hindari Makanan ini Saat Makan Malam

“Banyak orang yang mengembangkan kebiasaan buruk dengan membubuhi kopi mereka dengan krimer, sirup, dan whip cream penuh gula,” ujar Burak.

“Meskipun susu nabati saat ini terdengar seperti pilihan yang lebih sehat, namun itu tetap dikemas dengan tambahan gula. Baik itu tujuan kesehatan termasuk penurunan berat badan atau tidak, waspadalah terhadap tambahan lain di dalam kopi yang bisa menyumbangkan sejumlah besar kalori yang tidak perlu dan tambahan gula, serta lemak jenuh,” Burak menjelaskan.

“Selain itu, batasi kopi hanya beberapa cangkir atau kurang dalam sehari agar tidak membuat kita gelisah, meningkatkan kecemasan, atau memengaruhi tidur di malam hari.
Ingatlah bahwa kopi bukanlah air dan tidak membantu kita tetap terhidrasi dengan baik, jadi pastikan juga untuk minum cukup air,” imbuh dia.(*)

Baca Juga  7 Makanan yang Sehat untuk Usus, Lancarkan Pencernaan

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles