Beraksi 100 Kali, Komplotan Maling Motor Ini Dibekuk Polres Tangerang

Ilustrasi maling motor. (Istimewa)

Indonesiadaily.net – Melakukan aksinya sebanyak 100 kali, komplotan maling motor yang berjumlah tiga orang dengan inisial IB, AN, dan RP dibekuk polisi.

Para pelaku biasa melakukan aksinya di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan (Tangerang Raya).

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombespol Zain Dwi Nugroho mengatakan, setelah berhasil mengambil motor hasil curiannya, para tersangka menjualnya ke penadah sebesar Rp2 juta.

“Mereka melakukan aksinya itu sangat cepat hanya dalam waktu 5 detik. Dalam sehari mereka bisa membawa kabur 2 hingga 4 unit sepeda motor,” terang Zain saat dikonfirmasi, Jumat (25/11/2022).

Zain melanjutkan, para maling ini menyasar motor dengan jenis matic yang diparkir di tempat-tempat yang tidak ada penjaganya seperti ruko, komplek perumahan yang parkir di luar, dan minimarket sepi.

Baca Juga  Depresi, Pria Paruh Baya Ini Nekat Gantung Diri

“Para pelaku berbagi peran saat melakukan aksi pencurian. Ketiganya bertindak sebagai pemetik atau penggasak motor-motor yang berada di tempat sepi untuk dibawa kabur,” ungkapnya.

Motor-motor hasil curian tersebut, kata Zain, dibawa tersangka RP menggunakan mobil bak terbuka untuk dijual kepada penadah berinisial D di Daerah Lampung yang kini sedang diburu.

“Penadah D (DPO) menjual motor-motor hasil curian itu sebesar Rp 5 juta per unit di daerah Lampung,” ucap Zain.

“Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4 dan 5 KUHP Jo 55 KUHP dengan hukuman pidana penjara paling lama tujuh tahun,” pungkasnya.

 

Penulis : Ihya Ulumuddin
Editor : Nur Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *