Senin, Juni 17, 2024

Bentuk Kepedulian Lingkungan, BRI Kanca Lebak Bulus Tanam 110 Pohon di Waduk Bango Pondok Labu

Indonesiadaily.net- Wujud sinergi dengan semua elemen masyarakat, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk melalui Kantor Cabang Lebak Bulus memberikan 110 bibit tanaman untuk ditanam di sempadan Waduk Bango di RT. 10. RW. 03 Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023).

Penanaman bibit pohon tersebut turut melibatkan pihak kecamatan, kelurahan, pengurus lingkungan, ibu-ibu PKK dan masyarakat setempat.

Manager Bisnis Mikro (MBM) BRI Kanca Lebak Bulus Heru Santika mengungkapkan sebagai bank yang memiliki fokus kepada segmen usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), peran BRI tidak terbatas sebagai Lembaga intermediary keuangan, BRI juga memiliki fokus terhadap pemberdayaan pelaku UMKM dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan (LST) yang baik atau dikenal dengan prinsip implementasi Environtmental, Social & Governance (ESG).

Baca Juga  Terapkan Transaksi Digital, Kota Depok Posisi 4 Pengguna Qris

“BRI mengkolaborasikan pemberdayaan UMKM sebagai strategi terdepan dalam
menciptakan bisnis Bank BRI yang berkelanjutan dan memiliki visi untuk menjadi pionir dalam mengimplementasikan konsep ESG dengan pemberdayaan UMKM melalui aktivitas program BRI Menanam,” tutur Heru mewakili mewakili Pemimpin Cabang BRI Kantor Cabang Lebak Bulus, Edy Siswanto.

MBM BRI Kanca Lebak Bulus Heru Santika didampingi jajaran karyawan BRI dan perwakilan kelurahan Pondok Labu saat menanam pohon di sempadan Waduk Bango di RT. 10. RW. 03 Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023). Foto : Andri/Indonesiadaily.net

Program BRI Menanam merupakan bagian dari implementasi konsep ESG yang dilakukan oleh Bank BRI terutama sebagai aksi nyata Bank BRI merawat lingkungan dengan melibatkan desa-desa binaan BRI yang tergabung dalam program Desa Brilian.

Aktivitas BRI Menanam yang dilakukan di Desa Brilian difokuskan dengan menanam tanaman keras produktif baik yang menghasilkan buah-buahan maupun tanaman keras lainnya. Penanaman dilakukan di lahan-lahan umum yang terdapat di desa, seperti sempadan sungai, bahu jalan atau tanah milik desa dan lahan-lahan pribadi milik nasabah baik berupa
kebun maupun pekarangan rumah.

Baca Juga  Rayakan Ulang Tahun ke-26, XL Axiata Tebar Promo Serba 26 untuk Seluruh Produk

“Penanaman bibit tanaman produktif di lingkungan Desa Brilian selain diharapkan memberikan efek terhadap pelestarian lingkungan, juga diharapkan dapat menjadi produk unggulan desa dalam menggerakkan perekonomian lokal masyarakat desa,” paparnya.

Ada 34 kota yang mendapat program menanam BRI, dan untuk Wilayah Jakarta 2 terpilih Kota Karawang, Bekasi, Jakarta Selatan dan Bogor, totalnya ada 39 kecamatan 52 kelurahan atau desa.

“Di Pondok Labu sendiri mendapat 110 bibit tanaman, dari Mangga, Rambutan, Durian dan Jambu Kristal,” tetangnya.

Sedangkan program ini dicanangkan untuk seluruh Indonesia dengan menanam 1.750.000, dan sudah ditanam 750 ribu pohon telah ditanam di 2022.

“Di 2023 ini 1 juta pohon lagi, sudah tersebar ke mana-mana,” ucap Heru.

Baca Juga  OJK Sebut Pinjaman Online Warga Jawa Barat Tertinggi, Capai Rp 13,8 Triliun
MBM BRI Kanca Lebak Bulus Heru Santika didampingi jajaran karyawan BRI dan perwakilan kelurahan Pondok Labu saat menanam pohon di sempadan Waduk Bango di RT. 10. RW. 03 Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023). Foto : Andri/Indonesiadaily.net

Program ini bertujuan untuk membantu proses penghijauan, ia pun mengucapkan terima kasih atas sambutan dari warga Pondok Labu dan berharap bibit ini dapat diterima sebagai bentuk kepedulian BRI terhadap lingkungan.

“Diharapkan Waduk Bango ini bisa lebih hijau dan menghasilkan,” kata Heru.

Sementara Sekretaris Lurah Pondok Labu Saiful Waliulu mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari BRI yang memberikan bantuan bibit tanaman.

“Di RW. 3 ini lagi banyak proyeknya, mudah-mudahan kedepan waduk ini sudah bisa menjadi tempat rekreasi,” ucap Saiful. (*)


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles