Senin, April 15, 2024

Benarkah Rutin Minum Air Putih Bisa Bikin Awet Muda?

 

Indonesiadaily.net – Air putih adalah minuman yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Antara lain membantu mengeluarkan racun, menjaga berat badan, hingga meningkatkan kerja otak adalah manfaat minum air putih yang bisa kita rasakan. Lalu, apakah air putih membuat awet muda? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut.

Dilansir dari Healthline rutin minum air putih sesuai kebutuhan harian dapat membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme tubuh lewat urine dan keringat. Ketika racun tersebut keluar, tubuh akan terasa bugar dan terhindar dari lelah atau lemas berkepanjangan.

Minum air putih bisa menjadi cara awet muda karena berperan dalam mencegah stres dan meningkatkan mood atau suasana hati. Saat seseorang bahagia, ia pun terhindar dari stres yang dapat memicu tubuh melepas hormon kortisol.

Baca Juga  Intip Yuk! Sejumlah Makanan Ini Cocok Obati Nyeri Sendi

Kadar hormon kortisol yang tinggi bisa menyebabkan seseorang mengalami penuaan diri, seperti kulit keabu-abuan, berminyak, berjerawat, kering, dan mengelupas.

Alasan air putih membuat awet muda selanjutnya yaitu karena air dapat menghidrasi setiap sel di dalam tubuh, termasuk kulit wajah. Untuk diketahui, saat tubuh kekurangan air, maka akan terjadi dehidrasi yang menyebabkan penumpukan minyak penyebab timbulnya jerawat.

Orang yang rajin minum air putih, terutama pada pagi hari, bisa memiliki kulit wajah glowing, terjaga kelembapannya, mencegah kerutan, serta terhindar dari jerawat. Jadi, selain menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit, minum air putih bisa menjadi cara awet muda secara alami, terutama dalam mencegah penuaan dini pada kulit.

Baca Juga  Ustad Adi Hidayat Sebut Childfree Salahi Fitrah dan Tak Patut Ditiru

Dilansir dari Pure Lux Medical, minum air putih juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit yang kendur, terutama akibat penurunan berat badan.
Saat usia tak lagi muda, tanda-tanda penuaan juga bisa terlihat dari kulit yang tidak lagi elastis. Agar kulit elastis dan awet muda, Anda disarankan mengonsumsi air putih minimal dua liter per hari.(*)

 

Editor : Nur Komalasari

 


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles