Begini Kata Pakar Cara Mencegah Komplikasi Diabetes

Ilustrasi diabetes. (Pixabay)

Indonesiadaily.net – Penyakit diabetes yang menyerang seseorang secara langsung mengubah gaya hidup penderitanya. Mereka diharuskan menjalankan pola hidup sehat.

Apalagi penderitaan yang sudah masuk dalam tahap diabetes lanjutan yang membuat adanya komplikasi pada penderitanya.

Komplikasi penyakit ini sendiri merupakan kondisi di mana bagian tubuh menjadi rusak, seperti pada kaki atau mata, akibat memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Diabetes Melitus Sedunia 2022 bersama mGanik beberapa waktu lalu, dr. Caesar Lagalinggo Givani, Sp.PD menjelaskan pasien diabetes bisa mencegah dan menunda komplikasi dengan berbagai cara.

Salah satunya yang paling mudah adalah secara sadar mengubah pola hidup dan membuat pilihan makanan yang jauh lebih sehat.

Baca Juga  Puspom TNI Masih Mencari Pasal yang Dijeratkan ke Penodong Pistol di Tol Jagorawi

“Tiga hal yang perlu menjadi perhatian untuk menu makanan diabetes yaitu ukur jumlah kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh kita maksimal 1500kkal per hari,” kata dr. Caesar, dikutip dari Suara.com.

Selain itu, utamakan juga makanan rendah kolestrol, makanan tinggi serat rendah Glikemiks Index (GI), dan sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung banyak gula termasuk karbohidrat.

“Pastikan tiga kali makan dalam sehari dan selingan tiga kali snack rendah GI, seperti sayur dan buah untuk cegah lonjakan gula darah”, jelasnya lagi.

Pastikan juga diabetesi tidak merokok, serta perbanyak aktivitas fisik dengan olahraga seperti jogging, senam, bersepada di dalam maupun luar ruangan, dan berenang.

Baca Juga  5 Cara Menjaga Kebahagiaan Tidak Direnggut Orang Lain

“Aktivitas fisik dapat membantu diabetesi nantinya dalam menurunkan kadar glukosa darah, bahkan meningkatkan sensivitas insulin, sehingga dapat menunda terjadinya komplikasi diabetes”, kata dr. Caesar.(*)

 

Editor: Nur Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *