Senin, April 15, 2024

Banyak yang Tak Tahu, Begini Caranya Nikmati Teh Tanpa Pemanis

 

Indonesiadaily.net – Minum secangkir teh di pagi atau pun sore hari telah menjadi rutinitas harian untuk beberapa orang. Untuk memperkuat cita rasanya, biasanya ditambah krimer, sirup, gula, dan beberapa pemanis lainnya. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, pemanis buatan dapat meningkatkan risiko diabetes, jantung, serta obesitas. Namun Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada cara untuk menikmati minuman pahit ini dengan lebih sehat, tanpa tambahan gula.

Seorang ilmuwan mengeklaim telah menemukan rahasia secangkir teh sempurna yang awalnya dianggap tidak masuk akal oleh banyak orang Inggris, yakni dengan cara menambahkan garam

Penelitian yang dilakukan oleh Professor Michelle Francl telah mengungkap bagaimana garam dapat membuat secangkir teh Anda menjadi lebih sempurna. Selain itu, bahan tersebut juga telah disebutkan dalam manuskrip China abad ke-8 yang dianalisis oleh Prof Francl untuk menyempurnakan resepnya. “Yang baru adalah pemahaman kita sebagai ahli kimia,” kata Francl dikutip dari BBC.

Baca Juga  Izzy Kangen Band dan Istri Medical Check Up di Murni Teguh Sudirman Jakarta Hospital

Ia menjelaskan, garam berperan sebagai penghambat reseptor yang membuat teh terasa pahit, terutama jika sudah direbus. Dengan menambahkan sejumput garam, ini dapat membantu Anda dalam melawan rasa pahit minuman tersebut. Sehingga, para penikmat teh tak perlu lagi berperang melawan bahaya gula dan pemanis buatan lainnya saat harus menyeduh teh favoritnya.

“Ini tidak seperti menambahkan gula. Saya rasa orang-orang takut mereka bisa merasakan garamnya,” ungkapnya.

Dia mendesak masyarakat Inggris, khususnya pencinta teh untuk berpikiran terbuka sebelum menilai penelitiannya dengan negatif. Penelitannya tersebut juga telah ia dokumentasikan dalam buku barunya, Steeped: The Chemistry of Tea yang diterbitkan oleh Royal Society of Chemistry.

“Saya pikir ini hanya karena orang-orang tidak tahu (cara membuat secangkir teh yang enak). Jika tidak minum teh, Anda tidak akan tahu bahwa Anda sedang membuatkan secangkir teh yang buruk untuk seseorang dan memberi mereka pengalaman yang menyedihkan,” jelasnya.

Baca Juga  Konsumsi Wortel Berlebih, Wanita Ini Kaget Kulitnya Berubah Menjadi Oranye

Selain meminimalkan rasa pahit dari kafein teh, ada lagi manfaat lain menambahkan garam ke dalam teh.

Dilansir dari Slurrp, minum teh yang ditambahkan garam juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, teh dengan garam juga dapat menyembuhkan sakit tenggorokan dan mencegah penyakit musiman.

Menambahkan sejumput garam juga dapat membantu meningkatkan energi serta efisiensi tubuh. Dalam hal ini, garam dan teh dapat menjaga sistem pencernaan Anda dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, memasukkan garam ke dalam teh juga dapat menyembuhkan masalah migrain dan menenangkan pikiran serta tubuh, serta membantu menghilangkan hormon stres.(*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles