Kamis, Juli 25, 2024

APBN Surplus Rp 106 Triliun, Jokowi Yakin Bisa Subsidi BBM

Indonesiadaily.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 dan keadaan ekonomi Tanah Air.

“Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan,” ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen.

“Selain itu, sampai pertengahan tahun 2022 ini, APBN juga surplus Rp 106 triliun. Oleh karena itu, pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, elpiji, dan listrik, sebesar Rp 502 triliun di tahun 2022 ini. Agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi,” kata Jokowi.

Baca Juga  Polisi Amankan 10 Anggota Matel di Kabupaten Tangerang, Ini Sebabnya

Jokowi melanjutkan dengan kondisi anggaran itu, ekonomi Indonesia berhasil tumbuh positif di 5,44 persen pada kuartal II tahun 2022.

Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 surplus sekitar Rp 364 triliun. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan