Minggu, Juli 21, 2024

Apa Dampak bagi Masyarakat dengan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,44%

Indonesiadaily.net – Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II-2022 sebesar 5,44%, Jumat 5 Agustus 2022. Angka tersebut sesuai dengan perkiraan pemerintah kalau ekonomi Indonesia tumbuh di atas 5% pada kuartal II-2022.

Lantas dengan pertumbuhan tersebut, apa dampaknya ke masyarakat?

Kepala BPS, Margo Yuwono mengatakan, jika pertumbuhan ekonomi ini menggambarkan aktivitas perekonomian masyarakat.

Adanya pelonggaran mobilitas masyarakat, lalu ditambah momen Idul Fitri membuat aktivitas masyarakat kembali normal menjadi hal yang berpengaruh pada kuartal II-2022.

“Kalau dikalkulasikan semua transaksi yang terjadi di masyarakat itu akibat pelonggaran tersebut membuat pertumbuhan ekonomi jadi 5,44%,” kata dia.

Menurut Margo dengan mulai bergeraknya aktivitas tersebut, maka akan ada manfaat yang dirasakan.

Baca Juga  Wow! Sampah Plastik Indonesia Sampai Terdampar ke Pantai Timur Afrika

“Dengan sektor yang tumbuh positif berarti aktivitas ekonomi lebih baik dari kuartal I, kalau lebih bagus ada manfaat naiknya pendapatan untuk masyarakat,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, memang tenaga kerja dan faktor produksi akan sangat berdampak pada masyarakat di tengah pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani memprediksi pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II-2022 mencapai 5%. Hal itu disampaikan Sri Mulyani dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang mengumumkan SSK saat ini berada dalam kondisi yang masih terjaga.

“Kuartal II kita memperkirakan tumbuh di atas 5%, terutama untuk kuartal itu 5,01% dan kuartal II itu di atas 5%,” tuturnya dalam konferensi pers. (*)

Baca Juga  Indosat Ooredoo PHK Karyawan, Klaim Berikan Pesangon Miliaran Rupiah

 

Editor : Fenilya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles