Aktor yang Tidak akan Pernah Bisa Menangkan Penghargaan Oscar

Will Smith penghargaan oscar

Indonesiadaily.net – Suksesnya sebuah film dan para pemerannya biasanya diukur dari apakah pernah meraih penghargaan Oscar di Academy Awards.

Beberapa pemeran film acap kali namanya akan semakin bersinar setelah mendapatkan Oscar. Dimana, sudah banyak aktor beken yang berhasil menyabet penghargaan tersebut di Hollywood.

Namun, ada juga beberapa aktor terkenal yang justru malah dibanned atau dilarang tampil dalam ajang paling bergengsi di industri film tersebut. Lantas siapa saja aktor yang dibanned dari Oscar?

Richard Gere

Siapa yang menyangka jika aktor kawakan Richard Gere dibanned dari ajang penghargaan Oscar? Pada tahun 1993, Richard Gere sempat membahas tentang masalah yang sedang hangat-hangatnya terjadi kala itu. Dia berbicara tentang Tibet yang dikuasai oleh China.

Secara spesifik, Richard mengatakan bahwa apa yang dilakukan China telah melanggar hak asasi manusia. Memang apa yang disebutkan oleh Richard Gere adalah fakta yang terjadi dilapangan, tetapi Richard membahas masalah tersebut dalam Academy Awards. Akibat hal tersebut Richard sempat dilarang tampil di Oscar selama lebih dari dua dekade.

Baca Juga  Begini Penampakan Arya Saloka Setelah Sempat Menghilang

Carmine Caridi

Carmine Caridi adalah aktor legendaris yang sudah muncul dalam dua film Godfather. Tetapi dibalik kesuksesannya, Carmine Caridi pernah dikeluarkan dari Oscar pada tahun 2004.

Caridi menjadi orang pertama yang pernah dikeluarkan (bukan dibanned) dari Academy Awards. Pada saat itu, terungkap bahwa Carmine Caridi menyebarkan berbagai film-film bajakan untuk keluarga terdekatnya.

Dan atas apa yang dia lakukan, Caridi didenda sebesar $300 ribu oleh hakim Amerika Serikat, dan dia juga diperintahkan untuk membayar biaya pengacara dari dua studio yang mengugatnya. Meski didepak dari Oscar, tetapi Carmine masih terus berkarya di industri film hingga kematiannya di tahun 2019.

Bill Cosby

Bill Cosby merupakan salah satu aktor paling kontroversial di Hollywood. Dia pernah membius dan melakukan penyerangan kepada banyak wanita di tahun 2005. Mantan komedian sekaligus aktor ini akhirnya dikeluarkan dari Academy Award setelah apa yang dia pernah lakukan.

Baca Juga  Stasiun TV Masih Siaran Analog, Kominfo Beri Sanksi?

Anehnya nih Geeks, Bill Cosby dibebaskan dari penjara karena hukumannya dibatalkan mahkamah Agung Pennyslvania, Amerika Serikat. Dan sepertinya, setelah Cosby dibebaskan, Bill Cosby tidak akan kembali berakting. Bill Cosby adalah aktor yang beken namanya setelah membintangi series komedi The Cosby Show.

Harvey Weinstein

Pada tahun 2017, Harvey Weinstein dituduh melakukan kekerasan terhadap banyak wanita. Harvey Weinstein mungkin terkenal sebagai produser Hollywood, tetapi dia juga sempat membintangi beberapa judul film seperti An Alan Smithee Film: Burn Hollywood Burn dan Bride & Prejudice. Karena kasus hukum itulah yang membuat Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengeluarkan Harvey Weinstein dari Oscar.

Bahkan pihak Academy menyampaikan bahwa tindakan yang dilakukan Weinstein sangat menjijikkan dan bertentangan dengan standar tinggi yang dihadirkan oleh Academy.

Will Smith

Tentu masih ingat dengan kejadian Will Smith yang menampar Chris Rock dalam acara Academy Award beberapa waktu lalu. Kejadian bermula dari Chris Rock yang memutuskan untuk berguyon sebelum membacakan pemenang kategori film dokumenter terbaik.

Baca Juga  Bahas Perpisahan dengan Sang Suami, Cupi Cupita Mau Cerai?

Dan orang yang ia jadikan bahan guyon adalah istri Will Smith, Jada Pinkett. Yap, buntut dari hal tersebut, Will Smith dilarang menghadiri Academy Awards selama 10 tahun ke depan, terhitung sejak 8 April 2022.

Meski Will Smith mendapat musibah tersebut, tetapi dia masih akan tampil dibeberapa film terbaru, salah satunya adalah Bad Boys 4. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *