Kamis, Juli 25, 2024

5 Negara Ini Beraliansi dengan Korea Utara

Indonesiadaily.net – Korea Utara yang dipimpin oleh Kim Jong Un tidak sendirian, kini memiliki banyak aliansi dengan negara lain.

Korea Utara adalah negara yang dipersenjatai dengan senjata nuklir, dan dianggap berbahaya di dunia.

Maka dari itu banyak negara yang memutuskan hubungan dengan Korea Utara untuk sebagian negara. Namun ada beberapa negara yang masih memiliki hubungan baik dengan Korea Utara, diantaranya sebagai berikut:

1. Rusia

Duta besar Korea Utara untuk Rusia yaitu Alexander Masegora, menanggapi pemerintah Korea Utara yang dipimpin oleh Kim Jo Un tersebut mengenai kemerdekaan Luhansk dan Donetsk pada 18 Juli 2022. Korea Utara, Rusia dan Suriah mengakui kemerdekaan kota tersebut karena telah pro terhadap Rusia yang berada di wilayah Ukraina.

Hal itulah yang membuat Ukraine marah dan memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Korea Utara. Faktanya Korea Utara dan Rusia telah menjalani hubungan yang sangat hangat, meskipun sempat renggang terlebih dahulu pada tahun 1990. Namun Vladimir putin membangun kembali hubungan baik dengan Korea Utara.

Baca Juga  Profil Silvio Berlusconi, Mantan PM Italia yang Meninggal Dunia di Usia 86 Tahun

2. Tiongkok

Relasi antara Tiongkok dan Korea Utara sepertinya sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Apalagi, Tiongkok lah yang membantu Korea Utara dalam perang menghadapi Korea Utara.

Sementara Korea Selatan didukung oleh Amerika Serikat dalam perang Korea pada tahun 1950. Keduanya pun membangun relasi melalui pertumbuhan ekonomi antar negara.

Terutama mengenai perdagangan batu bara yang di kirim dari Korea Utara ke Beijing, Tiongkok. Sementara Tiongkok hampir menyumpali segala kebutuhan yang ada di Korea Utara.

Sama halnya dengan Rusia, Tiongkok dan Korea Utara sempat mengalami ketegangan pada tahun 2017. Saat corong propaganda Korea Utara yang mengkritik pemerintahan Tiongkok yang sebelumnya belum pernah terjadi. Namun pada akhirnya keduanya pun menjalin hubungan baik lagi.

Baca Juga  Erick Thohir Minta Skuad Timnas Garuda Lakukan Pembenahan Sektor Belakang

3. Kuba

Tidak bisa dipungkiri, kesamaan ideologi antara Korea Utara dan Kuba, pasalnya kedua negara tersebut memiliki ideologi komunis, sehingga kedua negara tersebut sudah menjalin hubungan baik pada 1960 han. Hubungan keduanya pun diperjelas ketika kedua negara tersebut bergabung dengan Rusia, Tiongkok dan Iran melalui dukungan terhadap Kuba.

Hal tersebut terjadi saat demonstrasi massal yang menuduh pemerintahan komunis yang tidak bisa menangani kebutuhan kemanusian apalagi di masa pandemi Covid 19 pada tahun 2021 yang semakin parah.

4. Suriah

Suriah juga menjadi salah satu negara sekutu Korea Utara, kedua negara tersebut pun dituduh sebagai negara yang mengembangkan senjata kimia. Meskipun pemerintahan kedua negara tersebut telah membantah tuduhan tersebut.

Korea Utara menjalin hubungan diplomatik dengan Suriah pada 1966, kedua pimpinan negara juga tak segan saling memuji dan mengucapkan terima kasih sebagaimana diberitakan oleh KCNA pada tahun 2020, Kim Jong Un mengirimkan ucapan terima kasih kepada kepada presiden Suriah, Bashar Al Assad.

Baca Juga  Pramono Jelaskan Larangan Buka Bersama untuk Pejabat dan ASN, Ternyata Alasannya Begini

5. Iran

Petinggi Korea Utara, Kim Jong Un mengucapkan selamat kepada Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi pada 11 Februari 2022 lalu. Ucapan selamat tersebut diberikan dalam rangka peringatan 43 tahun revolusi Islam Iran, hal ini disiarkan langsung oleh Kementerian Luar Negeri Korea Utara.

Hal ini tentu saja mencerminkan hubungan hangat antar kedua negara, yang oleh Kim Jong Un dimaknai perjuangan bersama melawan imperialisme. Hubungan Korea Utara dan Iran sudah terjalin sangat lama yakin sejak April 1975 melalui hubungan diplomatik. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan