Minggu, April 14, 2024

5 Destinasi Wisata Akhir Pekan di Bogor, Ada yang Gratis dan Bayar

Indonesiadaily.net – Wilayah Bogor, Jawa Barat, terdapat beragam tempat wisata yang bisa menjadi pilihan destinasi di akhir pekan.

Bisa diakses dengan naik kendaraan umum, berjalan kaki, atau naik kendaraan pribadi. Bahkan, ada yang berbayar, ada pula yang gratis.

Lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta, kerap menjadikan Bogor sebagai pilihan untuk berliburyatempat wisata terdekat di Bogor?

Berikut beberapa tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau dan bisa dijadikan inspirasi berlibur.

1. Alun-alun Kota Bogor

Alun-alun Kota Bogor berada sekitar 190 kilometer dari Stasiun Bogor, sehingga bisa dicapai dengan berjalan kaki. Area dengan luas 1,7 hektar ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada tahun 2021. Lokasinya di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga  Pengamat Sebut Peluang Ganjar Tipis, Dua Sosok Ini Disiapkan Lanjutkan Trah Soekarno

Terdapat beberapa zona yang bisa dikunjungi wisatawan, yakni Zona Botani, Zona Olahraga, Zona Religi, dan Zona Plaza. Wisatawan pun bisa wisata kuliner, olahraga santai, dan rekreasi di taman ini.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata yang mudah dijangkau. Dari Stasiun Bogor, misalnya, wisatawan bisa berjalan kaki sejauh 1,6 kilometer (km), naik angkutan kota (angkot), atau naik kendaraan pribadi.

Sesuai namanya, Kebun Raya Bogor menawarkan aktivitas wisata alam untuk pengunjung. Selain menjelajahi area seluas 87 hektar ini, wisatawan juga bisa mempelajari aneka tanaman, berfoto dengan latar Instagramable, dan mampir ke taman-taman dengan beragam tema.

3. Museum Pembela Tanah Air

Museum Pembela Tanah Air atau Museum PETA juga berada tidak jauh dari Stasiun Bogor, yakni kira-kira 1,8 kilometer dan bisa dicapai dengan berjalan kaki atau naik kendaraan pribadi.

Baca Juga  8 Hewan yang Dilindungi di Indonesia, Ada yang Tersisa Puluhan Saja

Museum PETA dibangun pada tahun 1745, dan menempati bangunan peninggalan Belanda. Dikutip dari laman cagarbudaya.kemdikbud.go.id, di bagian depan museum terlihat monumen Jenderal Sudirman. Pengunjung bisa mempelajari sejarah terkait PETA dan kemerdekaan Indonesia.

4. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain)

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau Munasain berada tidak jauh dari Stasiun Bogor, jaraknya 650 meter dan wisatawan bisa berjalan kaki selama kira-kira 10 menit.

Munasain beralamat di Jalan Ir. H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Pengunjung bisa mempelajari sejarah alam di Indonesia, mulai dari aneka jenis ekosistem hingga keberagaman hayati. Harga tiket masuk Munasain mulai dari Rp 15.000 per orang pada hari biasa, dan mulai dari Rp 25.000 per orang pada akhir pekan.

Baca Juga  Keren! Tiga Taruna dapat Beasiswa Jalani Pendidikan di Tiga Akmil Amerika

5. Ngopi Di Sawah

Wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati kopi bisa mampir ke Ngopi Di Sawah. Alamatnya di Jalan Puri Cemara (Puncak KM.72) Nomor 90, Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasi Ngopi Di Sawah dekat dengan Gerbang Tol Ciawi, sehingga bisa dicapai dengan naik kendaraan pribadi. Di tempat ini, pengunjung bisa menyantap aneka hidangan dan minuman sambil berlesehan, sekaligus memandangi panorama sawah.(*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles