Kamis, Juli 25, 2024

10 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbanyak di Dunia, Indonesia Ternyata di Urutan Segini

Indonesiadaily.net – Minyak bumi masih menjadi sumber energi dasar untuk beberapa kebutuhan manusia. Jika diolah, minyak bumi menjadi bahan bakar kendaraan yang kerap digunakan untuk memudahkan aktivitas manusia sehari-hari.

Perannya yang sangat penting, minyak bumi kerap juga disebut dengan istilah “emas hitam”. Sebagian besar minyak bumi diisi oleh senyawa hidrokarbon yang mana senyawa tersebut merupakan hasil dari dekomposisi oleh fossil hewan dan tumbuhan.

Ada sejumlah negara yang terkenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Mengutip dari laman World Population Review, berikut pembahasannya.

1. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam ini menempati urutan pertama sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Total minyak bumi Amerika Serikat mencapai 11.567.000 barel minyak per hari.

Baca Juga  Lima Pulau yang Dulunya Punya Indonesia, Tapi Diambil Negara Lain

2. Rusia

Negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia yang kedua adalah Rusia. Diperkirakan, negara yang satu ini menghasilkan minyak bumi sebanyak 10.503.000 barel per hari.

3. Arab Saudi

Peringkat ketiga ditempati oleh Arab Saudi dengan jumlah 10.225.000 barel minyak per hari. Negara yang satu ini memiliki 17 persen dari cadangan minyak dunia dan disebut sebagai pengekspor minyak terbesar.

4. Kanada

Kemudian, posisi keempat negara penghasil minyak terbesar di dunia adalah Kanada. Total minyak bumi Kanada mencapai 4.656.000 barel dalam sehari.

5. Irak

Irak menduduki posisi kelima sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan jumlah 4.260.000 barel per hari.

Baca Juga  Parpol Gagal Lolos Pemilu 2024 Bisa Adukan ke Bawaslu, Tapi…

6. Cina

Selanjutnya ada Cina dengan jumlah 3.969.000 barel minyak per hari. Dalam Reuters disebutkan, selama beberapa bulan pertama di tahun 2022, kilang minyak mentah Cina telah memangkas produksi karena penguncian pandemi Covid-19.

7. Uni Emirat Arab

Pada urutan ketujuh, ada Uni Emirat Arab. Jumlah barel minyak bumi negara anggota OPEC ini mencapai 2.954.000 dalam sehari.

8. Brasil

Brasil menempati posisi kedelapan sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Jumlahnya mencapai 2.852.000 barel minyak per hari.

9. Kuwait

Urutan kesembilan ditempati oleh Kuwait dengan jumlah 2.610.000 barel minyak per hari.

10. Iran

Negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia yang terakhir adalah Iran. Iran menghasilkan minyak bumi sekitar 2.546.000 barel per hari.

Baca Juga  Sah, Laksamana Yudo Margono Ditetapkan DPR Sebagai Panglima TNI

Berdasarkan data yang diperoleh dari Global Firepower (GFP), Indonesia menempati urutan ke-24 sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan total 775.000 barel minyak per hari. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan