Senin, April 15, 2024

10 Negara Pemberi Subsidi Besar ke Masyarakatnya, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Indonesiadaily.net – Bukan Indonesia saja yang memberikan subsidi dari produk turunan minyak bumi berupa bahan bakar minyak (BBM), hal serupa juga terjadi di berbagai negara di dunia.

Berdasarkan data International Energy Agency (IEA) per 2020, ternyata Indonesia tidak masuk tiga besar sebagai negara yang memberikan subsidi BBM bagi warganya.

Secara keseluruhan, IEA mencatat pada 2020 total subsidi BBM yang dikeluarkan negara anggota IEA sebesar US$90 miliar.

Berikut daftar 10 negara yang memberikan subsidi BBM terbanyak menurut IEA per 2020:

1. China

China yang menjadi negara dengan populasi terbanyak di dunia dengan lebih dari satu miliar jiwa turut menjadi negara dengan pemberian subsidi terbesar, yakni US$21,7 miliar atau setara dengan Rp303,8 triliun (kurs Rp14.000).

Baca Juga  BKPM Roadshow Edukasi NIB-OSS di Jakarta, 600 Nasabah BRI Hadir Perkuat UMKM Nasional

2. India

India menjadi negara kedua setelah China yang memberikan subsidi terbesar. Pada 2020, India memberikan US$17 miliar atau setara Rp238 triliun.

3. Arab Saudi

Di posisi ketiga ada Arab Saudi yang memberikan subsidi BBM terbesar di dunia. Tercatat dalam IEA per 2020, Saudi Arabia memberikan US$8,5 miliar, setara Rp119 triliun, kepada warganya untuk dapat memberili BBM.

4. Indonesia

Masyarakat Indonesia kerap menikmati BBM bersubsidi yang disediakan pemerintah. Per 2020, IEA mencatat Indonesia menggelontorkan US$6,9 miliar atau setara dengan Rp96,6 triliun untuk memberikan kemudahan warganya membeli BBM.

5. Algeria

Pada urutan kelima ditempati oleh Algeria dengan total subsidi yang diberikan sebanyak US$5,8 miliar yang setara dengan 81,2 triliun.

Baca Juga  Gabung ke PPP atau PKS? Ini Jawaban Sandiaga Uno

6. Mesir

Setelah Algeria, Mesir menjadi negara keenam dengan total subsidi BBM sebesar US$5,3 miliar atau Rp74,2 triliun.

7. Iran

Pada 2020 Iran memberikan subsidi terhadap BBM sebesar US$5 miliar atau Rp70 triliun sepanjang tahun kepada warganya.

8. Venezuela

Negara yang terletak di ujung Amerika Selatan tersebut menempati urutan ke-8 dengan total pemberian subsidi sebesar US$4,32 miliar atau Rp60,48 triliun.

9. Iraq

Iraq telah memberikan subsidi BBM kepada warganya sebesar US$2,9 miliar atau setara dengan Rp40,6 triliun sepanjang 2020 lalu.

10. Libya

Terakhir, negara yang masuk dalam 10 besar dengan pemberian subsidi terbesar adalah Libya dengan total US$2,6 miliar, atau setara dengan Rp36,4 triliun.

Baca Juga  Gantikan Tjahjo Kumolo, Hari Ini Azwar Anas Dilantik Jokowi Sebagai MenpanRB

Sementara itu, IEA juga mencatat terdapat beberapa negara yang tidak memberikan subsidi BBM seperti Korea, Rusia, Afrika Selatan, dan Ukraina, sedangkan Vietnam menjadi negara dengan pemberian subsidi BBM terkecil. (*)

 

Editor : Fenilya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles