Senin, April 15, 2024

10 Atlet Muda Sepak Bola Indonesia yang ‘Melesat’ Promosi ke Timnas Senior

Indonesiadaily.net – Sepak bola adalah olahraga yang paling dicintai di Indonesia. Wajar rasanya jika Tanah Air tidak pernah kehabisan stok pemain muda.

Talenta-talenta muda Indonesia kerap langsung mencuri perhatian berkat kemampuan olah bolanya. Tak jarang para pemain muda langsung naik kelas ke Timnas Indonesia senior.

Ada 10 pemain yang merasakan atmosfer berlaga untuk Timnas Indonesia senior di usia yang masih belia. Siapa saja mereka?

Berikut 10 pemain muda Indonesia yang cepat promosi ke Timnas Senior:

1. Bambang Pamungkas

Pemain yang kerap disapa Bepe ini sudah sangat tersohor dalam jagad sepak bola. Bambang bahkan menjadi salah satu ikon sepak bola Indonesia.

Bepe pertama kali bergabung bersama Timnas Senior pada umur 18 tahun 11 bulan 23 hari, tepatnya pada 2 Juni 1999 saat Indonesia lawan Estonia.

2. Boaz Solossa

Boaz Solossa pernah mencetak sejarah dengan debut di usia muda bersama Timnas Indonesia. Kala itu, dia pertama kali membela Timnas Indonesia saat berusia 18 tahun 14 hari. Boaz dipercaya untuk membela Timnas Indonesia senior oleh pelatih Peter Withe.

Baca Juga  Ciuman Weghrost Bawa Manchester United ke Final Piala FA

Saat itu, Timnas Indonesia melawan Turkmenistan pada 2004. Sejak saat itu, Bochi -sapaan akrabnya- menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia. Pemain satu ini diketahui aktif membela Timnas Indonesia hingga 2018 dengan koleksi 50 penampilan dan mencetak 14 gol.

3. Asnawi Mangkualam

Kemudian yang kedua ada Asnawi. Dia juga merupakan salah satu pemain muda yang debut bersama Timnas Senior saat Tim Garuda dipegang oleh Luis Milla. Asnawi debut pada 21 Maret 2017 saat usianya 17 tahun 5 bulan dan 17 hari.

4. Evan Dimas

Evan Dimas debut untuk Timnas Indonesia pada usia 19 tahun 8 bulan dan 15 hari. Penampilan yang apik di level Timnas Indonesia U-19 membuat pelatih skuad Garuda kala itu, Alfred Riedl, memberikannya kesempatan promosi.

Sejak itu, Evan Dimas menjadi andalan skuad Garuda dan menjadi motor serangan sekaligus penyeimbang di lini tengah.

5. Osvaldo Haay

Timnas Indonesia saat diasuh oleh Luis Milla banyak mendebutkan pemain muda bersama Timnas Senior.

Baca Juga  Ini Cerita Dibalik Layar Maliq & D'Essentials Tampil di Konser Coldplay

Osvaldo Haay masuk ke dalam salah satunya. Osvaldo bergabung saat dirinya berusia 18 tahun 10 bulan dan 4 hari.

6. Oktavianus Maniani

Oktovianus Maniani pada masanya sempat digadang-gadang sebagai pemain muda masa depan Timnas Indonesia. Kala itu, Okto debut di Timnas Indonesia pada 2010 saat berusia 20 tahun. Akan tetapi, kariernya di Timnas Indonesia tak berlangsung lama.

Okto tercatat hanya membela Timnas Indonesia selama tiga tahun atau sampai 2013. Dengan penampilan keseluruhan sebanyak 25 kali dan mencetak tiga gol. Ia juga sudah tidak bermain sepakbola lagi pada usia 30 tahun.

7. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan menjadi pemain muda kedua yang berhasil mencetak sejarah kala debut di Timnas Indonesia senior. Dia melakukan debut pada 27 Januari 2022 pada laga FIFA matchday.

Marselino tampil perdana untuk Timnas Indonesia di usia 17 tahun 4 bulan 8 hari. Meskipun terbilang muda, dia tak segan menunjukkan kemampuannya di lapangan.

Pemain Persebaya ini bahkan turut membela Timnas Indonesia senior kala berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga  Timnas Hockey Putra dan Putri Indonesia Diberangkatkan ke Thailand

Di sana, dia turut menyumbangkan satu gol kala Timnas Garuda membantai Nepal dengan skor 7-0. Berkat kontribusinya, Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

Kemampuan Marselino mencuri perhatian media ternama The Guardian. Media Inggris itu memasukkan nama sang gelandang ke daftar pemain muda terbaik, sejajar dengan wonderkid Barcelona, Gavi.

8. Saddil Ramdani

Saddil Ramdani juga mengawali debutnya bersama Timnas Senior saat usianya masih dibawah 20 tahun. Tepatnya pada 21 Maret 2017, diusia 18 tahun 2 bulan dan 19 hari.

9. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri menjalani debutnya bersama Timnas Senior saat dirinya berusia 17 tahun 6 bulan 7 hari. Kesempatan itu datang karena bintang muda Indonesia ini memiliki kemampuan yang baik dalam bermain sepak bola.

10. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh menjadi pemain muda yang dipromosikan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia senior bersama Marselino Ferdinan. Dia menjalani debut pada 27 Januari 2022 di usia 17 tahun 3 bulan 8 hari. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles